De Tjolomadoe merupakan bekas pabrik gula Colomadu yang disulap menjadi objek wisata sejarah dan budaya kekinian di Karanganyar. Wisata museum dan menikmati kuliner menjadi kegiatan menarik saat berkunjung.

Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 10.00-21.00, Alamat: Jl. Adi Sucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kec. Colomadu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Berjalan jalan ke Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, maka jangan lupa untuk menyempatkan diri dengan mengunjungi De Tjolomadoe. Tempat yang dulunya adalah pabrik gula, kini disulap menjadi objek wisata yang sangat populer di Karanganyar. Untuk lebih mengetahui wisata ini, yuk simak ulasan berikut.

Sekilas Sejarah De Tjolomadoe

Sekilas Sejarah De Tjolomadoe

Image Credit: Instagram.com @malioboro_insta

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, De Tjolomadoe adalah wisata bekas pabrik gula yang dulunya bernama Colomandu. Pabrik gula Colomandu ini didirikan pada tahun 1861 oleh Mangkunegara IV. Beberapa tahun setelahnya, pabrik gula ini mengalami perombakan arsitektur yang sampai saat ini belum banyak diubah.

Setelah perombakan dilakukan, pabrik gula Colomandu harus ditutup karena menghadapi masalah krisis moneter yang saat itu terjadi di Indonesia. Puluhan tenaga kerja diharuskan untuk pulang dari perantauannya dan meninggalkan pabrik yang sudah megah ini. Beberapa tahun berikutnya, pabrik ini terbengkalai begitu saja.

Baca Juga : Rekomendasi Wisata Svarga Bumi

Sampai pada 20 tahun berlalu, sejumlah Badan Usaha Milik Negara mulai merevitalisasi dan menjadikan pabrik gula yang terbengkalai ini sebagai destinasi wisata yang keren. Alhasil, pabrik gula Colomandu menjadi objek wisata baru yang sangat populer. Namanya pun berganti menjadi De Tjolomadoe.

Meski dibiarkan terbengkalai selama beberapa tahun, tak ada sedikit pun kesan seram di bekas pabrik gula ini. Hanya ada kemegahan yang tata letaknya mampu menghipnotis siapa pun pengunjungnya. Berbagai titik dibuat begitu unik sehingga dapat dijadikan sebagai spot foto yang menarik dan tiada duanya.

Daya Tarik yang Dimiliki De Tjolomadoe

Daya Tarik De Tjolomadoe

Image Credit: Instagram.com @detjolomadoe_official

Meski tempat bekas pabrik gula ini masih belum banyak wahana permainan, namun ada begitu banyak spot foto menarik yang akan membuat hasil bidikanmu semakin estetik. Bisa dikatakan, inilah daya tarik utama yang dimiliki De Tjolomadoe. Sangat cocok bagi Anda pemilik hobi modelling dan fotografi.

Saat memasuki kawasan Tjolomadoe, Anda akan langsung disuguhi halaman depan yang luas yang dilatarbelakangi bangunan megah dengan konsep eropa tempo dulu. Taman yang tertata rapi bak wisata di negeri Korea ini dapat dijadikan sebagai spot foto dari berbagai sisi. Jangan lupa untuk membawa kamera agar hasil bidikan semakin keren.

Masuk ke bagian dalam ruangan, Anda akan menemukan beberapa titik stasiun yang digunakan sebagai proses pengolahan gula. Mulai dari ketel tekanan rendah, hingga pengangkut gula yang sudah diproses. Di ruangan utama, Anda juga akan menemukan satu sisi yang didesain sedemikian rupa oleh para arsitektur.

Baca Juga : Rekomendasi Cafe di Borobudur 

Bekas bangunan pabrik gula ini direvitalisasi sedemikian rupa dengan tetap mempertahankan kekayaan historis di dalamnya. Tak heran, kesan tempo dulu begitu terasa saat memasuki penjuru ruangan. Bintik bintik karat yang masih menempel di sekitar mesin giling seakan mengajak para pengunjung untuk menerawang masa lampau.

Daya Tarik De Tjolomadoe Karanganyar

Image Credit: Instagram.com @ariesatrioww

Selain desainnya yang begitu mengagumkan, De tJolomadoe juga memiliki sebuah venue yang terdiri dari sejumlah ruangan tertentu. Di dalamnya ada kafe dan concert hall yang biasanya digunakan untuk kegiatan tertentu. Tak hanya itu, terdapat ruangan khusus gilingan yang difungsikan sebagai museum.

Di museum, Anda dapat menambah wawasan terkait pembuatan gula di masa lampau. Mesin mesin buatan Jerman yang masih bertahan hingga saat ini menjadi saksi sejarah yang tak akan lekang oleh waktu. Hal ini semakin diperkuat dengan suasana pabrik gula yang memang tetap dipertahankan oleh pihak pengelola.

Pengalaman liburan Anda akan semakin berkesan tatkala menaiki beberapa wahana di dalamnya. Salah satunya adalah kereta kuno. Kereta tersebut akan membawa Anda bagai mengarungi waktu lampau karena melewati ruang ruang yang menampilkan koleksi bersejarah. Kegiatan ini tentu akan sulit ditemukan di tempat yang lain bukan?

Alamat dan Rute Menuju Lokasi De Tjolomadoe

Alamat De Tjolomadoe

Image Credit: Instagram.com @dwicahyo.p

Wisata museum ini terletak di Jl. Adi Sucipto, Karanganyar, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 5,2 km dari arah Bandara Adi Soemarmo. Waktu tempuh kurang lebih 12 menit jika menggunakan kendaraan roda empat. Rute paling cepat menuju lokasi adalah melewati area bandara dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Sementara bagi Anda yang datang dari pusat Kota Solo, bisa menempuh perjalanan ke lokasi dengan jarak 11,4 km. Waktu yang harus Anda tempuh jika datang dari arah ini adalah sekitar 24 menit tergantung dari kondisi lalu lintas. Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga dapat menaiki kendaraan umum seperti bis.

Adapun jalur bis yang bisa Anda pilih mulai dari Pasar raya Gentan, Miss Little Pudding, Stikes Kusuma Husada, hingga Gereja St.Aloysius, Surakarta. Masing masing rute bis tersebut memakan waktu sekitar 40 – 50 menit untuk sampai lokasi. Namun, hal tersebut tergantung dengan kondisi lalu lintas per hari.

Harga Tiket Masuk De Tjolomadoe Karanganyar

Harga Tiket De Tjolomadoe Karanganyar

Image Credit: Instagram.com @kornelius_eko

Dengan berbagai tawaran pesona yang begitu menakjubkan, De Tjolomadoe tergolong destinasi wisata baru yang tidak meninggikan biaya retribusi atau tiket masuk. Jangan khawatir jika Anda sedang tidak membawa banyak dana. Cukup dengan Rp 25 ribu saja, Anda dapat menikmati kemegahan landamark budaya di Karanganyar ini sepanjang hari.

Harga yang begitu terjangkau akan membuat liburan Anda semakin seru dan tidak menghabiskan banyak biaya. Tarif retribusi yang begitu terjangkau menjadikan pengunjung betah berlama lama di lokasi. Pasalnya, hanya butuh sedikit biaya saja pengunjung dapat memperoleh hasil foto yang mengagumkan sembari menambah wawasan tentang pabrik gula.

Meski cukup terjangkau, tak perlu khawatir dengan fasilitas yang diberikannya. Bisa dikatakan, De Tjolomadoe tergolong wisata baru yang memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap dan memadai. Kelengkapan fasilitas tersebut tentunya ditujukan kepada para pengunjung demi terciptanya kenyamanan saat liburan di Tjolomadoe.

Jam Operasional Wisata De Tjolomadoe

Jam Operasional Wisata De Tjolomadoe

Image Credit: Instagram.com @tata_lim

Teruntuk Anda yang sedang berada di Jawa Tengah, maka sempatkanlah untuk mengunjungi De Tjolomadoe. Namun sebelumnya, penting untuk Anda mengetahui jam operasional atau jam buka wisata Tjolomadoe. Objek wisata ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu, mulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Sebagai saran, jangan kunjungi tempat ini pada hari Senin, karena memang bukan jam operasionalnya. Jika dalam sehari tidak cukup untuk mengeksplorasi Tjolomadoe, maka Anda dapat kembali di hari berikutnya dengan jam yang sama. Jangan takut kesulitan mencari tempat bermalam di sekitar lokasi wisata De Tjolomadoe.

Anda bisa kembali di hari esok dengan menginap semalam di penginapan sekitar lokasi objek wisata ini. Keesokan harinya, Anda dapat kembali menyusuri ruas Tjolomadoe dengan mengunjungi objek wisata lain yang berada di dekatnya. Ajak serta kerabat dekat Anda agar dapat bersama sama menikmati keindahan Kota Karanganyar.

Kegiatan yang Menarik yang Bisa Dilakukan De Tjolomadoe

Kegiatan De Tjolomadoe

Image Credit: Instagram.com @aris__prasetya

1. Bersantai Bersama Keluarga

Wisata De Tjolomadoe Karanganyar merupakan destinasi wisata keluarga yang patut dikunjungi untuk mengisi waktu liburan. Suasana kemegahan yang kental dengan tempo dulu akan disayangkan jika tidak dinikmati bersama keluarga. Duduk bersama pasangan, kerabat dekat, atau sang buah hati di sekitar taman akan menjadi hal yang menyenangkan.

Apalagi jika Anda menghabiskan waktu sore hari dengan menyaksikan matahari yang mulai membenamkan dirinya. Suasana yang nyaman akan membuat Anda bersama orang terkasih lebih dekat satu sama lain. Dijamin, waktu luang Anda akan terisi dengan kegiatan menyenangkan yang dilalui dengan orang terdekat dan tersayang.

2. Berburu Foto Menarik

Seperti yang Anda tahu, De Tjolomadoe adalah bekas pabrik gula yang saat ini tengah menjadi bangunan megah yang begitu apik. Di dalamnya, terdapat dekorasi dan interior sedemikian rupa hingga menghasilkan pemandangan yang ciamik. Di setiap sisinya, bisa digunakan sebagai latar belakang foto yang akan terlihat estetik.

Bagi Anda yang menyukai tempat-tempat estetik, maka jangan lupa untuk melipir ke wisata ini. Pasalnya, belum lengkap jika Anda tidak memenuhi galeri foto dengan latar belakang bangunan dan interior De Tjolomadoe. Inilah alasan penting Anda membawa kamera agar hasil jepretan terlihat makin keren.

3. Wisata Edukasi

Tak hanya unggul di segi arsitektur, De Tjolomadoe juga dapat digunakan sebagai tempat penambah wawasan. Pihak pengelola telah merevitalisasi bangunan pabrik gula yang tidak meninggalkan kesan kuno di dalamnya. Semua ditata begitu apik sehingga hampir setiap ruangan tidak kehilangan kesan tempo dulunya.

Di bagian museum, Anda akan melihat beberapa peralatan pabrik gula yang dulu digunakan. Mulai dari ketel hingga gilingan, semua ditata begitu rapi dan terstruktur. Di sekitar museum, Anda akan melihat berbagai potret jaman dahulu yang umumnya menyuguhkan kegiatan produksi gula dengan cara tradisional.

Pihak pengelola yang mengemban tugas sebagai guide akan menjelaskan kepada Anda mengenai seluk beluk pembuatan gula di masa lampau. Tentunya, hal tersebut akan menjadi ilmu yang belum tentu Anda dapat di bangku sekolah formal. Sembari berlibur, wawasan Anda akan bertambah dengan mengunjungi destinasi kekinian ini.

4. Menyaksikan Acara di Beberapa Hall

Bagi Anda yang mengunjungi De Tjolomadoe, mungkin akan mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan beberapa acara yang diadakan di dalam hall Tjolomadoe. Acara yang diadakan tidak jauh jauh dari gula dan pembuatannya. Ruangan yang didesain bak bioskop tersebut akan semakin menambah kenyamanan saat menonton acara.

Fasilitas yang Tersedia di De Tjolomadoe Karanganyar

Fasilitas di De Tjolomadoe Karanganyar

Image Credit: Google Maps (reza primardiantono)

De Tjolomadoe tak hanya tempat yang menyimpan mesin produksi gula jaman dulu saja. Tempat ini juga memiliki fasilitas kekinian yang mendukung kenyamanan para pengunjung. Bahkan bisa dikatakan, wisata ini adalah tempat rekreasi baru namun sudah memiliki berbagai fasilitas lengkap yang cukup memadai.

Adapun fasilitas yang bisa Anda gunakan mulai dari tempat parkir, tempat ibadah, cafe atau restoran, toilet, live music, toko souvenir, gazebo, dan masih banyak lagi. Tak hanya fasilitas dasar, sejumlah wahana permainan seru berupa kereta tempo dulu juga menjadi sarana dan prasarana yang bisa Anda gunakan di tempat tersebut.

Puas berkeliling setiap ruang Tjolomadoe, Anda bisa mengisi perut yang lapar dengan mencicipi kuliner yang dijajakan di restoran. Berbagai sajian kuliner mulai dari lokal hingga mancanegara bisa Anda dapatkan disini. Soal harga, tak perlu khawatir. Umumnya, restoran dalam Tjolomadoe menawarkan harga yang terjangkau untuk setiap porsi makanan.

Jawa Tengah tak henti hentinya membuat takjub banyak orang karena destinasi wisatanya yang begitu apik. Hal ini dapat dilihat dari destinasi wisata De Tjolomadoe yang saat ini tengah populer. Berkat kelihaian pihak pengelola dan pemerintah setempat, tempat yang dulunya adalah pabrik gula dijadikan sebagai wisata yang patut untuk Anda kunjungi.

Sumber : https://www.javatravel.net/de-tjolomadoe-karanganyar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here