Wayang Windu Panenjoan Pangalengan – Kamu pernah berkunjung ke Swiss? Pemandangannya cantik banget ya? Kamu bisa melihat hamparan padang rumput hijau luas dengan latar pegunungan, ditambah panorama langit biru yang menawan. 

Belum lagi, udaranya sejuk dan menenangkan, pastinya bikin betah berlama-lama. Nah, kamu bisa merasakan pengalaman serupa lho saat berada di Wayang Windu Panenjoan! Wisata ini berada di Pangalengan, sekitar 2 hingga 2,5 jam perjalanan dari Bandung.

Belakangan, wisata ini lagi hits lho karena keindahannya! Bahkan, banyak turis luar kota yang berdatangan hanya untuk menyaksikan keindahannya. Penasaran apa saja yang ada di Wayang Windu Panenjoan? Baca lebih lanjut ya!

Baca juga:

Cara Menuju ke Wisata Wayang Windu Panenjoan

Wayang Windu Panenjoan

Dari Bandung, kamu bisa berkendara menuju selatan ke arah Gerbang Tol Ketapang, Tol Soreang-Pasir Koja. Selanjutnya, kamu dapat menuju ke Banjaran-Cimaung-Pangalengan. Saat tiba di bundaran Pangalengan, belok kiri dan terus ikuti jalan hingga sampai di tujuan.

Kondisi jalan raya menuju Wayang Windu Panenjoan relatif masih bagus dan aman. Namun, begitu menuju kawasan wisata, jalanan mulai berbatu dan sedikit berkelok-kelok. Jika berkendara dengan mobil, sebaiknya gunakan mobil keluarga berukuran besar ya, sobat tiket.

Tak perlu pusing memikirkan parkir, sebab kawasan parkir di sini cukup luas. Bahkan, kawasan parkirnya dapat menampung bus wisata besar juga lho.

Oh iya, waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan wisata ini adalah sekitar pukul 07.00-08.00 WIB. Langitnya masih sangat biru, dan tempat wisatanya pun masih sangat sepi lho. Jadi, kamu bisa puas berfoto mendapatkan gambar terbaik, deh!

Harga: Rp10.000/orang, parkir motor Rp3.000, parkir mobil Rp5.000*

Jam & hari buka: setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB

Alamat: Banjarsari, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378 (Cek di Google Maps)

Aktivitas Seru Selama di Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan

Nah, kalau sudah tau cara menuju Wayang Windu Panenjoan, kini saatnya simak beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan selama di Wayang Windu Panenjoan. Kuy, langsung baca daftar di bawah ya!

1. Foto-foto Instagramable di Berbagai Spot

Wisata di Wayang Windu Panenjoan
Ada banyak spot foto instagramable yang tersedia di sepanjang jembatan kayu, jangan lupa foto-foto ya!

Wayang Windu Panenjoan adalah wisata alam yang menawarkan pemandangan kebun teh di segala arah. Kata “Wayang” dan “Windu” sendiri berasal dari nama Gunung Wayang dan Gunung Windu yang letaknya bersebelahan dan berada di lokasi wisata juga.

Sementara itu, “Panenjoan” berarti selayang pandang. Artinya, kamu bisa melihat hamparan Gunung Wayang dan Windu, dengan panorama indah sejauh mata memandang.

Tentu saja, dengan pemandangan seindah itu, berfoto adalah kegiatan yang wajib dilakukan pertama kali. Ada banyak banget spot foto instagramable yang tersedia dengan view latarnya cantik banget!

Aneka spot foto instagramable di Wayang Windu Panenjoan
Kamu bisa pilih foto di spot yang tersedia, atau langsung dengan latar belakang alam hijau. Dua-duanya sama-sama keren!

Kamu bisa memulai hunting foto dengan latar pemandangan lanskap perkebunan teh luas, lengkap dengan view panas bumi. Yup, jangan kaget dengan kepulan asap putih yang tampak besar di sisi timur, itu berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di kawasan tersebut.

Selanjutnya, sobat tiket bisa menyusuri jalan ke arah barat dan berfoto-foto pada beberapa spot yang tersedia. Kamu bisa bergaya ala-ala di pintu-ajaib-ke-mana-saja ala Doraemon, hingga berfoto gaya natural di jembatan kayu yang ada.

Nah, spot istimewa lain yang nggak boleh terlewatkan adalah pemandangan Gunung Wayang dan Windu, dengan lereng perkebunan teh pada bagian depannya. View ala Swiss ini benar-benar menyegarkan pikiran, dan pastinya mempesona banget!

Pemandangan Gunung Wayang dan Gunung Windu di Wisata Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan
Gunung Wayang dan Gunung Windu, dengan lanskap pepohonan dan perkebunan teh di depannya. Cantik banget!

Biar koleksi foto makin lengkap, kamu juga bisa lho menyewa jasa fotografer di sini! Keren kan? Jadi nggak perlu bingung deh saat berfoto, karena sang fotografer akan mengarahkan pose serta memilih spot-spot terbaik. Asyiiik!

Perkebunan teh hijau di depan Gunung Wayang dan Gunung Windu.

Harga: sewa fotografer Rp2.000/foto digital, Rp15.000/cetak 1 foto*

2. Bermain ATV Seru: Lewati Trek Berlumpur Hingga Saksikan Panorama Memukau

Bermain ATV di Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan

Wayang Windu Panenjoan nggak hanya punya wisata alam dan wisata selfie. Tantang adrenalinmu juga dengan bermain ATV, sobat tiket! Yup, kamu bisa menyewa ATV yang tersedia di sini. Sobat tiket bisa berpetualang sendiri maupun berdua dengan 1 ATV.

Kuy, jelajahi trek tanah dengan view perkebunan teh dan panorama alam yang menakjubkan. Siap-siap sedikit kotor ya, karena kamu akan melewati tanah yang berlumpur pada beberapa bagian trek. 

Namun, ini pastinya akan jadi pengalaman seru yang tak terlupakan deh. Enjoy the ride, sobat tiket!

Harga: Rp50.000/ATV/putaran*

3. Mengisi Perut di Warung Terdekat

Warung di Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan

Sudah selesai berkeliling, kini saatnya mengisi perut! Kamu bisa menyantap camilan favoritmu, ditemani secangkir kopi panas sambil menikmati sejuknya udara Pangalengan. Ada 2 warung yang tersedia di sini, di bagian dalam dan luar tempat wisata. Tinggal pilih sesuai selera ya.

4. Bersepeda Ria di Wayang Windu Panenjoan

Ilustrasi naik sepeda.

Sobat tiket hobi gowes? Kalau iya, pas banget karena kamu bisa bersepeda di sini! Warung di bagian luar tempat wisata sering dijadikan titik awal gowes bagi banyak komunitas sepeda lho! 

Kalau tertarik, kamu bisa banget nih ikut bersepeda ria dengan pemandangan kebun teh cantik. Kuy, ambil mountain bike-mu dan siap-siap eksplorasi ya!

5. Foto Milky Way Saat Malam, Indah Banget!

Langit malam dengan hamparan bintang adalah sesuatu yang jarang kamu temukan saat berada di kota besar. Tapi, kalau kamu ke Wayang Windu Panenjoan saat malam, hal ini sangat mungkin kamu temui lho!

Pastinya, kamu harus berkunjung di luar jam operasional tempat wisata. Oleh karena itu, sebaiknya konfirmasi dulu ya dengan pengelola Wayang Windu Panenjoan melalui Instagram @wwp1800skypark. 

Jangan lupa siapkan kamera dan segala perlengkapannya ya, agar hasil foto makin kece!

Eksplorasi Perkebunan Teh Cantik di Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan

Nah, itu dia beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Wayang Windu Panenjoan. Pastinya, melihat foto-foto di atas sudah bikin kamu pengin buru-buru berangkat ke “Swiss” lokal di Pangalengan ini.

Kalau berangkat dari Jakarta, kamu bisa pesan City to City di tiket.com ya, agar perjalanan ke Bandung semakin aman serta nyaman.

mau ke mana? semua ada tiketnya!

*Informasi valid saat artikel ini ditulis. Harga dan ketentuan lainnya dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola.



Informasi Wisata Borobudur dan Wisata Magelang, temukan informasi restoran dan cafe dekat candi Borobudur di Travelling Borobudur. Gudang informasi tempat nongkrong di Borobudur dan wisata keluarga dekat Candi Borobudur

Sumber :

blog.tiket.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here