Hidden Gems di Labuan Bajo – Sobat tiket, kamu berencana untuk liburan ke Labuan Bajo dalam waktu dekat? Tentunya, kamu harus riset dulu dong apa saja yang perlu disiapkan sebelum pergi ke Labuan Bajo.

Salah satu yang perlu kamu siapkan adalah membuat daftar tempat yang akan kamu kunjungi nih! Ada banyak banget tempat menawan yang memanjakan mata, sebut saja Pulau Padar, Pulau Rinca, Pulau Komodo, Pink Beach, hingga Manta Point.

Nah, tau nggak sih kalau ternyata masih ada spot-spot lain yang nggak kalah kece lho dari spot di atas. Yup, bisa dibilang tempat-tempat ini adalah hidden gems yang belum terlalu se-populer tempat wisata di atas. Penasaran ada di mana aja?

Baca juga:

Harga Tiket ke Labuan Bajo

Untuk menuju ke Labuan Bajo, kamu bisa menggunakan perjalanan laut atau udara. Namun, untuk perjalanan tercepat dan ternyaman, kamu bisa menggunakan pesawat ya, sobat tiket!

Harga tiket pesawat Jakarta ke Labuan Bajo: mulai dari Rp718.300-an/orang*

Harga tiket pesawat Bali ke Labuan Bajo: mulai dari Rp436.000-an/orang*

Pesan tiket pesawat ke Labuan Bajo

1. Gua Liang Bua: Bertemu dengan “Hobbit” Asal Flores!

Pernah bertanya-tanya bagaimana bentuk “hobbit”? Kamu akan segera tau jawabannya begitu tiba di Gua Liang Bua, sobat tiket! Konon, gua ini merupakan tempat tinggal Homo Floresiensis, alias manusia purba kerdil yang hidup sekitar 95.000-12.000 tahun lalu, lho!

Konon, manusia purba ini hidup dalam Gua Liang Bua. Dalam gua yang sama juga ditemukan fosil gajah purba kerdil, biawak raksasa, hingga tikus raksasa juga lho. Nah, kalau kamu tertarik untuk melihat kerangka purba langsung, kamu bisa mampir juga ke museumnya ya!

Harga tiket: Gratis, tiket masuk museum Rp40.000 per orang*

Jadwal buka: 24 jam.

Alamat: Liang Bua, Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (buka di Google Maps

2. Keindahan “Danau Toba” Khas Nusa Tenggara Timur: Danau Sano Nggoang

Kata siapa kalau wisata di Labuan Bajo hanya terbatas pada pantai, laut, dan perbukitan? Buktinya kamu bisa menemukan danau vulkanik seperti Danau Toba di Danau Sano Nggoang. 

Sano Nggoang berasal dari Bahasa Kempo. “Sano” artinya danau, sementara “Nggoang” artinya membara. Dapat diartikan, Sano Nggoang berarti danau yang membara. Hal ini karena danau ini punya pemandian air panas yang terbuat dari sulfur, lho.

Ada berbagai aktivitas yang dapat kamu lakukan di sini, mulai dari berendam air panas, menunggangi kuda sambil mengelilingi danau, bird-watching, dan foto-foto. Untuk menikmati view danau secara keseluruhan, kamu bisa trekking ke Puncak Golo Dewa ya!

Harga tiket: Rp20.000 per orang*

Jadwal buka: 24 jam.

Alamat: Nunang, Desa, Wae Sano, Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (buka di Google Maps

3. Menemukan Ketenangan dan Kedamaian di Pulau Kanawa

Panduan ke Pulau Kanawa

Sobat tiket, kalau kamu sudah berlayar dari Pulau Komodo dan Pulau Rinca, jangan lupa juga untuk mampir ke pulau yang satu ini. Dari kejauhan, kamu sudah bisa melihat bukit dengan hamparan padang hijau yang pastinya bikin kamu excited pengin cepat sampai.

Di Pulau Kanawa, kamu bisa menikmati hamparan pantai bersih, laut jernih kebiruan, hingga terumbu karang warna-warni. Kamu dapat menyelami kehidupan bawah laut dengan snorkeling, bersantai seharian di pantai, hingga trekking di bukit sambil menyaksikan matahari terbenam.

Panduan ke Pulau Kanawa

Yang jelas, pulau tak berpenghuni ini dapat memberikanmu rasa tenang dan damai, sobat tiket! Jangan lupa masukkan ke bucket list-mu ya!

Harga tiket perahu: Mulai dari Rp300.000 – Rp400.000-an untuk sewa perahu*

Alamat: Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (buka di Google Maps

4. Berenang di Kolam Renang? Sudah Biasa. Coba Berenang Anti-Mainstream di Gua Rangko, Kuy!

wisata kekinian labuan bajo

Biasanya, menjelajahi gua dilakukan dengan berjalan kaki. Kali ini, kamu bisa mencoba pengalaman unik dengan menjelajahi gua sambil berenang!

wisata kekinian labuan bajo

Yup, kamu bisa berenang di kolam renang alami kebiruan di bawah stalagtit dan stalagmit yang menjulang. Untuk menuju ke sini, kamu cukup naik perahu selama 10-20 menit. Setelah itu, bisa berpuas berenang deh bersama teman, pasangan, atau keluarga!

wisata kekinian labuan bajo

Pemandangan akan semakin keren saat ada terpaan cahaya matahari yang menembus ke celah gua. Kece banget, buru-buru berfoto ya saat ada momen ini!

Harga tiket masuk: Rp10.000 per orang*

Jadwal buka: 24 jam.

Alamat: Tj. Boleng, Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (buka di Google Maps)

5. Cunca Rami, Air Terjun Tengah Hutan Menawan dari Tanah NTT

Kalau kamu mau mencari sesuatu yang berbeda saat berada di Labuan Bajo, wisata air terjun bisa jadi pilihan. Kali ini, tiket.com akan memperkenalkanmu pada Cunca Rami, air terjun cantik di tengah hutan vanili dan kemiri.

Cunca Rami berada di kawasan Gunung Mbeliling. Untuk mencapai air terjun ini, kamu harus trekking sekitar satu jam melewati pemandangan hutan dan sungai. Begitu sampai, kamu akan dikejutkan dengan pesona air terjun megah setinggi 30 meter ini.

Oh iya, jika beruntung, kamu pun dapat menyaksikan sinar matahari yang mengenai air terjun sehingga membentuk pelangi di bawah air terjun. Cakep banget kan? 

Tempat ini masih belum diketahui banyak orang terutama wisatawan lokal, pas banget untuk kamu yang mencari tempat wisata yang masih sepi dan alami!

Harga tiket masuk: Rp20.000 per orang*

Jadwal buka: Setiap hari, mulai pukul 07.00 – 16.00 WITA.

Alamat: Golo Ndaring, Sano Nggoang, Golo Ndaring, Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (buka di Google Maps)

6. Menyaksikan Jaring Laba-laba Raksasa di Sawah Lingko

Umumnya, petak sawah berbentuk persegi. Lain cerita dengan Sawah Lingko. Mungkin ini adalah satu-satunya sawah berbentuk jaring laba-laba super besar yang pernah kamu temui, sobat tiket!

Untuk menyaksikan keindahan panorama sawah ini, kamu harus terlebih dahulu menapaki 250 anak tangga yang terbuat dari tumpukan tanah dan bambu. Begitu tiba di atas, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang wow banget, bikin mata nggak berkedip!

Segera siapkan pose dan foto-foto yang banyak di sini ya! Kapan lagi kan, berfoto di sawah berbentuk laba-laba?

Harga tiket masuk: Rp25.000 per orang*

Jadwal buka: Setiap hari, pukul 09.00 – 17.00 WITA.

Alamat: Meler, Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (buka di Google Maps)

Rekomendasi Penginapan Labuan Bajo: Le Pirate Island

Sobat tiket, masih belum puas menjelajahi Labuan Bajo? Kamu bisa menginap di salah satu penginapan yang unik, namanya Le Pirate Island. Penginapan ini punya bentuk yang unik banget, dengan rumah tradisional dan atap yang terbuat dari daun.

Kalau kamu ingin menjauh sejenak dari hiruk-pikuk kota, datang ke sini bisa jadi pilihan yang pas. Letaknya yang cukup jauh dan terpencil membuat jaringan internet sedikit sulit di sini. Namun, kamu justru jadi dapat bersantai dengan benar-benar tenang dan damai kan?

Harga: mulai dari Rp1.200.000-an/kamar/malam*.

Alamat: Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Tim. 86554 (buka di Google Maps).

Fasilitas: Restoran, snorkeling, fasilitas makan 3x sehari*, bar/lounge, pantai pribadi.

Pesan kamar di Le Pirate Island

Kuy, Eksplorasi Hidden Gems di Labuan Bajo!

Itu dia beberapa hidden gems yang bisa kamu kunjungi saat berada di Labuan Bajo. Gimana, menarik banget ya?

Untuk pengalaman berwisata terbaik, kamu bisa pesan berbagai paket tur di Labuan Bajo yang pastinya seru dan tak terlupakan. Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama berlibur ya. Have fun, sobat tiket!

*harga dan informasi saat artikel ditulis



Informasi Wisata Borobudur dan Wisata Magelang, temukan informasi restoran dan cafe dekat candi Borobudur di Travelling Borobudur. Gudang informasi tempat nongkrong di Borobudur dan wisata keluarga dekat Candi Borobudur

Sumber :

blog.tiket.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here