Road Trip Mandalika LombokRoad trip berkeliling Lombok bisa jadi ide liburan menarik yang bisa kamu coba nih, sobat tiket. Untuk road trip Lombok kali ini, kamu bisa menjelajah Mandalika yang merupakan salah satu destinasi wisata super prioritas di Indonesia. 

Terletak di selatan Lombok, Mandalika memiliki keindahan yang pastinya akan dengan mudah memikat siapapun yang hobi berpetualang. Kuy, buat momen road trip kamu lebih nyaman dengan sewa mobil di tiket.com! Ada banyak pilihan kendaraan agar perjalananmu ke Mandalika bisa lebih menyenangkan, sobat tiket!

Tempat Wisata di Mandalika untuk Liburan Road Trip-mu!

Terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri, kawasan wisata satu ini memang rumah untuk keajaiban alam yang belum terjamah. Mulai dari pantai yang indah, hingga perbukitan hijau mempesona yang menghadap ke laut,

Mungkin sobat tiket penasaran nih, memangnya ada apa sih di Mandalika? Kuy, scroll ke bawah!

1. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan merupakan salah satu pantai tercantik di Mandalika. Pantai ini dikelilingi oleh beberapa bukit yang bisa kamu capai jika ingin melihat keindahan pemandangan Tanjung Aan dari ketinggian.

Air lautnya yang jernih berwarna biru kehijauan dan tenang, cocok untuk dijadikan tempat watersport seperti banana boat atau paddleboarding. Selain itu, Tanjung Aan juga cocok untuk dijadikan tempat belajar surfing bagi para pemula! Setelah puas bermain di air, kamu bisa bermain di pasir putihnya yang bersih.

Salah satu cara untuk menikmati Pantai Tanjung Aan adalah dengan berbaring di bawah payung jerami yang bisa kamu temukan di sekitar pesisir pantai, sembari menikmati kelapa muda yang bisa kamu beli di sekitar pantai.

Harga tiket masuk: Rp5.000/motor, Rp10.000/mobil, dan Rp15.000/bus *

Jam Buka: 24 jam

Alamat: Desa Pengembur, Sengkol, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573 (Buka di Google Maps)

 

2. Bukit Merese

airview merese hillTepat di belakang Tanjung Aan, kamu akan melihat keindahan Bukit Merese yang eksotis! Bukit ini nggak terlalu tinggi sehingga kamu bisa mencapai puncaknya dalam waktu yang singkat.

Bukit Merese akan berwarna kekuningan ataupun hijau bergantung dengan musim. Saat musim kemarau, hamparan bukit akan menguning, sedangkan saat musim hujan tiba, Bukit Merese akan berwarna hijau yang indah.

woman stand merese hillKegiatan yang wajib kamu lakukan saat berada di Bukit Merese adalah berswafoto di spot-spot indah yang nggak terhitung jumlahnya. Kamu juga akan melihat pemandangan Pantai Tanjung Aan dari atas bukit ini.

sunset merese hill silhouetteKamu bisa menikmati pemandangan sunset yang nggak akan kamu temukan di tempat lain. Kalau mau, sobat tiket juga bisa berkemah di sini. Ingatlah untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, sobat tiket!

Harga tiket masuk: Harga tiket masuk: Rp5.000/motor, Rp10.000/mobil *

Jam buka: 24 jam

Alamat: Jalan Kuta Lombok, Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 83573 (Buka di Google Maps)

 

3. Goa Prabu Bangkang

Ternyata mengunjungi goa kelelawar bisa menjadi pengalaman seru lho, sobat tiket. Saat berada di Mandalika, kamu bisa mengunjungi Goa Prabu Bangkang sekitar pukul 12 hingga 1 siang.

Dari dalam goa, kamu akan menyaksikan sinar yang menerangi goa bagian dalam dengan sangat cantik. Kamu akan mendapatkan hasil foto terbaik di sini.

Harga tiket masuk: Rp5.000/motor*

Jam buka: 24 jam

Alamat: Prabu, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573 (Buka di Google Maps)

 

4. Pantai Kuta Mandalika

kuta mandalika near merese hillJika belum berkunjung ke Pantai Kuta Mandalika, artinya kamu belum benar-benar mengunjungi Mandalika. Ikon pariwisata Mandalika ini nggak boleh kamu lewatkan, sobat tiket! Kamu bisa melakukan banyak aktivitas dari olahraga air hingga paralayang di sini.

mandalika itineraryPesona yang ditawarkan Pantai Kuta Mandalika akan menarik hati, mulai dari kejernihan air laut, pasir menyerupai merica, hingga batu karang kokoh yang cantik. Waahhh!

Harga tiket masuk: Harga tiket masuk: Rp5.000/motor, Rp10.000/mobil *

Jam buka: 24 jam

Alamat: Pantai Mandalika, Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 83573 (Buka di Google Maps)

 

5. Goa Kotak

Goa dengan lebar sekitar 3 meter dan panjang lorong sekitar 6 meter ini bagaikan lorong ajaib karena kamu bisa melihat pemandangan laut yang indah dari sini.  Walaupun lebih terlihat seperti lorong jalan dibandingkan goa, tetap saja Goa Kotak ini salah satu spot terbaik menikmati pemandangan laut dan pasir putih, sobat tiket.

Dari dalam goa, kamu akan melihat fosil kerang di dinding goa. Hal ini dikarenakan bukit tempat beradanya Goa Kotak dulunya berada di bawah permukaan air laut. 

Berfoto di sini, hasil fotomu akan seperti memiliki bingkai foto natural!

Harga tiket masuk: Gratis*

Jam buka: 07.00-18.00

Alamat: Jalan Pantai Mawi, Sengkol, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573 (Buka di Google Maps)

 

6. Desa Sade 

bale taniSpot wisata yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Desa Sade yang merupakan destinasi wisata budaya. Di sini, sobat tiket dapat melihat uniknya bangunan-bangunan rumah tradisional khas Lombok yang masih ditempati oleh suku Sasak.

scenery sade villageKetika sampai, kamu akan disambut hangat penduduk yang sudah siap memandu. Mereka akan senang hati memandu wisatawan untuk lebih mengenal Desa Sade lebih dekat. Menariknya, penduduk desa ini masih memegang teguh semua tradisi suku mereka, termasuk menenun.

handmade craftKamu akan diajak mengeksplorasi rumah-rumah tradisional di desa ini. Hal yang unik dari rumah di Desa Sade adalah lantainya yang dibuat dari kotoran Kerbau yang dicampur dengan tanah dan jerami, lho.

Desa Sade terletak di Lombok Tengah, berada di pinggir jalan menuju Pantai Kuta Lombok. Jadi memang mudah banget untuk dijangkau. Tips saat berwisata di sini, kamu bisa menggunakan mobil sewaan, agar puas menjelajah destinasi wisata budaya berikutnya.

Harga tiket masuk: Gratis*

Tour guide: mulai dari Rp20.000*

Jam buka: 08.00–19.00 WITA

Alamat: Rambitan, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 83573 (Buka di Google Maps)

 

7. Pantai Seger

Selain Pantai Tanjung Aan, kamu bisa berkunjung ke Pantai Seger yang terletak di wilayah Desa Sukadana, Kecamatan Pujut. Pantai ini memiliki struktur alam yang unik dan sangat indah. Sobat tiket dapat melihat keindahan gugusan bukit, pantai dengan pasir putih, dan ombak yang cocok untuk penggemar surfing.

Kamu juga bisa menikmati Festival Bau Nyale yang biasanya diadakan pada bulan Februari hingga Maret pada hari ke-20 bulan ke-10 dalam penanggalan tradisional Sasak.

Masyarakat Suku Sasak menganggap nyale merupakan jelmaan dari Putri Mandalika, yang mengorbankan diri dengan lompat ke laut untuk menghindari pemicu perang apabila menikah dengan salah satu raja dan pangeran yang akan meminangnya. 

Pada festival ini, masyarakat dan wisatawan akan berlomba mencari cacing nyale di Pantai Seger. Begitu cacing nyale hasil tangkapan sudah terkumpul, cacing tersebut akan diolah menjadi sajian tradisional Lombok. Kamu tertarik untuk nyoba nggak nih, sobat tiket?

Di sekitar pantai, kamu juga akan menemukan deretan patung di pinggir Pantai. Patung ini menggambarkan seorang putri yang hendak membebaskan diri dari tiga laki-laki. Patung ini menggambarkan Legenda Putri Mandalika, lho.

Harga tiket masuk: Rp5.000/motor dan Rp10.000/mobil*

Jam Buka: 24 jam

Alamat: Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573 (Buka di Google Maps)

 

Tips Agar Road Trip Sobat Tiket Lebih Aman dan Nyaman!

Sebelum bersiap untuk road trip, tiket.com mau kasih beberapa tips buat kamu sebelum berangkat. Karena road trip kali ini, kamu harus benar-benar memperhatikan keselamatan diri dan orang-orang sekitar. Kuy, simak beberapa hal yang harus perhatikan sebelum berangkat!

1. Memperhatikan Protokol Kesehatan

Sebelum berlibur, ada baiknya kalau kamu tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak selama berlibur. Hal ini penting agar kamu tetap terhindar dari Covid-19.

Rasanya nggak mungkin kalau kita bepergian ke tempat jauh tanpa menyentuh apapun selama perjalanan. So, jangan lupa membawa hand sanitizer dan menyimpannya di tempat yang aman dan mudah dijangkau agar kamu bisa langsung menggunakannya ketika masuk ke mobil.

2. Menyiapkan Outfit yang Nyaman dan Sesuai Cuaca

Selanjutnya, selalu siapkan outfit yang nyaman dan sesuai cuaca. Mandalika memiliki cuaca cerah yang terbilang panas sehingga ada baiknya jika sobat tiket menggunakan baju dengan bahan yang adem dan bisa menyerap keringat agar tetap nyaman saat berwisata.

Selain outfit yang nyaman, jangan lupa untuk menggunakan sunblock agar kulit kamu tetap terlindungi ya, sobat tiket!

3. Selalu Sedia Uang Cash

Hal yang kamu perlu siapkan juga adalah uang cash, sobat tiket. Karena beberapa tempat wisata nggak bisa melakukan pembayaran secara cashless. Apalagi jika sobat tiket sedang ‘jajan’ di warung-warung kaki lima yang biasanya tidak memiliki mesin EDC yang bisa menawarkan pembayaran secara non-tunai.

4. Siapkan Snack Selama Perjalanan

Agar tetap betah selama perjalanan, jangan lupa untuk menyiapkan snack sebagai makanan ringan. Selain itu, snack juga bisa kamu jadikan solusi untuk mengatasi rasa lapar selama perjalanan. Bawalah dalam jumlah yang tepat agar perjalanan tetap menyenangkan.

5. Pilih Hotel yang Tepat Sebelum Berangkat

Sebaiknya, sobat tiket memesan hotel tempat menginap jauh hari sebelum berangkat karena masih banyak penginapan yang belum dibuka untuk umum pada saat seperti ini.

Sobat tiket bisa langsung pesan penginapan di Mandalika di aplikasi tiket.com dan memilih hotel berlogo tiket CLEAN yang sudah mengikuti protokol kesehatan sesuai prosedur.

Kamu juga bisa langsung kepoin villa Instagramable dekat Kuta Mandalika Lombok dan hotel bujet ala resort di Mandalika Lombok agar liburanmu semakin menyenangkan!

Kuy Rencanakan Road Trip-mu dan Jelajahi Keindahan Mandalika!

Nah, setelah membaca artikel ini, kamu pasti semakin nggak sabar untuk liburan road trip di Mandalika Lombok. Sebelum berangkat, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku ya. Selamat berkendara!

mau ke mana? semua ada tiketnya!

*harga saat artikel ditulis



Informasi Wisata Borobudur dan Wisata Magelang, temukan informasi restoran dan cafe dekat candi Borobudur di Travelling Borobudur. Gudang informasi tempat nongkrong di Borobudur dan wisata keluarga dekat Candi Borobudur

Sumber :

blog.tiket.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here