Rahasia dan Fakta Kepulauan Seribu – Penat dengan hiruk pikuk Ibukota dan merindukan suasana pantai? Nggak perlu jauh-jauh, Jakarta juga punya kawasan wisata bahari yang nggak kalah indah dengan pulau lain di luar Jawa, lho.

Yap, Taman Nasional Kepulauan Seribu namanya. Terdiri dari banyak pulau, kawasan ini menyimpan banyak sekali pulau-pulau cantik yang bisa sobat tiket jelajahi sendiri keindahannya. Nah, kamu sudah pernah ke salah satunya belum nih, sobat tiket?

Berbagai kegiatan seru dapat kamu lakukan di pulau-pulau ini, seperti menyelam, snorkeling, memancing, sampai berkemah. Namun, tahu nggak sih, ternyata pulau-pulau tersebut menyimpan rahasia atau fakta unik yang belum diketahui banyak orang, lho. Penasaran? Kuy kita simak bareng-bareng informasinya!

Baca juga:

9 Pulau Eksotis di Kepulauan Seribu dan Rahasia Dibaliknya

Kepulauan Seribu bisa kamu tempuh selama kurang dari 2 jam menggunakan speed boat dari beberapa pelabuhan di Jakarta. Walaupun dinamakan Kepulauan Seribu, pulau-pulau di sini jumlahnya tak sampai seribu, kok. Berikut adalah fakta dibalik pulau-pulau cantik yang menghiasi Kepulauan Seribu.

1. Menyebrangi Pulau dengan Jembatan di Pulau Tidung

rahasia dan fakta kepulauan seribu

Pulau ini menjadi salah satu destinasi pulau paling populer di antara pulau lain di Kepulauan Seribu. Keasrian alam serta berbagai kegiatan seru seperti olahraga air, bermain di pantai, hingga bersepeda bisa sobat tiket nikmati bersama keluarga ataupun teman. 

Belum ke Pulau Tidung kalau belum mengunjungi jembatan cinta, tempat ikonik di pulau ini. Tahu nggak sih, jembatan cinta ini sebenarnya merupakan jembatan penghubung antara Pulau Tidung Kecil dan Besar, lho. Panjangnya kurang lebih mencapai 800 meter. 

Selain itu, pulau ini juga menjadi tempat pembudidayaan mangrove, sobat tiket. Hutan mangrove ini melindungi Pulau Tidung Kecil untuk menjaga ekosistem di pulau tersebut. Keren, ya?

Harga: tiket speed boat via Marina Ancol Rp175.000/orang*

Jam buka: loket tiket speed boat mulai pukul 06.00 WIB

Alamat: Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta (buka di Google Maps)

Klik di sini untuk pesan katalog paket open trip 2H1M Pulau Tidung di To Do tiket.com

2. Berkemah di Pulau Semak Daun

Sudah pernah mendengar tentang pulau ini sebelumnya? Di pulau kecil ini ada tempat penangkaran penyu sisik, lho. Pulau ini juga hanya berjarak sekitar 40-60 menit dari Pelabuhan Marina Ancol atau Muara Karang. Walaupun nggak berpenghuni, di sini sudah ada fasilitas untuk wisatawan, kok.

rahasia dan fakta kepulauan seribu

Ingin berkemah di sini? Bisa banget! Ada fasilitas listrik, kamar mandi, serta warung yang bisa kamu manfaatkan di sini. Tapi ingat ya, kamu harus membawa peralatan camping sendiri karena nggak ada yang menyewakannya di sini. 

Selain itu, jangan lewatkan aktivitas seru lainnya seperti snorkeling serta menyaksikan kecantikan matahari terbenam. Seru bangeet, kan?

Harga: tiket masuk Rp35.000/orang* 

Jam buka: 24 jam

Alamat: Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta (buka di Google Maps)

3. Keelokan Bawah Laut Pulau Bira Besar

Pulau yang berada di dalam wilayah Pulau Harapan ini menyimpan pesona bawah laut yang menakjubkan. Nggak heran kalau pulau ini jadi incaran banyak wisatawan, terutama yang hobi menyelam. Selain itu, sobat tiket juga bisa ber-snorkeling dan bermain bersama ikan-ikan kecil di sekitar dermaga.

Kamu juga bisa menikmati keindahan pulau dengan bersantai di tepi pantai ditemani pasir putih dan pemandangan air laut yang jernih. Oh ya, di pulau ini juga terdapat mercusuar peninggalan Belanda yang sudah ada sejak tahun 1869 setinggi 42 meter, lho.

Harga: tiket speed boat via Marina Ancol Rp250.000/orang*

Jam buka: 24 jam

Alamat: Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta (buka di Google Maps)

4. Pulau Pari, Surganya Pecinta Snorkeling

Dinamakan Pulau Pari, rupanya bentuk dari pulau ini memang menyerupai ikan pari lho, sobat tiket. Pulau ini menyimpan keindahan laut yang menakjubkan. Salah satu hal yang wajib kamu lakukan saat berlibur ke pulau ini adalah snorkeling. 

Ada beberapa spot snorkeling keren yang bisa sobat tiket nikmati di sini. Jangan lupa juga untuk mengabadikan foto bersama ikan kecil warna-warni di bawah air. Setelah itu, jangan lewatkan keindahan Pantai Pasir Putih Perawan yang masih sangat asri dan bersih. 

Harga: tiket speed boat via Marina Ancol mulai dari Rp150.000/orang* | tiket masuk Pantai Perawan Rp5.000/orang*

Jam buka: loket tiket speed boat mulai pukul 06.00 WIB

Alamat: Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta (buka di Google Maps)

Klik di sini untuk pesan katalog paket open trip 2H1M Pulau Pari di To Do tiket.com

5. Wisata Sejarah di Pulau Onrust

Pulau satu ini terkenal dengan kisah sejarah dan misterinya. Berlokasi nggak jauh dari Pulau Bidadari, pulau ini dijadikan sebagai destinasi wisata sejarah di kawasan Kepulauan Seribu yang sayang untuk dilewatkan.

Sobat tiket tahu nggak sih? Ternyata, nama ‘Onrust’ sendiri diambil dari Bahasa Belanda yang memiliki arti ‘Tidak Pernah Beristirahat’, atau dalam Bahasa Inggris disebut ‘Unrest’. Di pulau ini ada banyak banget bangunan bekas peninggalan Belanda seperti benteng, rumah sakit, pemakaman, serta Museum Taman Arkeologi.

Wah, kapan lagi bisa menikmati keindahan Kepulauan Seribu sambil belajar sejarah? Selain wisata sejarah, perairan di pulau ini juga terkenal bersih, lho. Pokoknya liburan di sini pasti asyik banget, deh!

Harga: tiket speed boat via Marina Ancol mulai dari Rp100.000/orang*

Jam buka: 06.30-13.00 WIB

Alamat: Pulau Onrust, Kepulauan Seribu, Jakarta (buka di Google Maps)

Klik di sini untuk pesan katalog paket Trip 1 Hari ke Pulau Onrust di To Do tiket.com

6. Misteri di Balik Pulau Bidadari

Pulau ini mungkin udah nggak asing di telingamu ya, sobat tiket? Biasanya, pulau ini dijadikan sebagai tempat bagi para pasangan melangsungkan foto pre-wedding karena latar belakang pulau yang sangat menarik dan menawan.

Dibalik pesonanya, ternyata dulunya pulau ini bernama ‘Pulau Sakit’. Ternyata, di pulau ini dulunya ada rumah sakit peninggalan Belanda. Namun, tenang aja, sejak tahun 1970, pulau ini sudah disulap menjadi resort mewah yang ramai dikunjungi wisatawan kok.

Pulau ini relatif mudah ditempuh, yakni hanya berjarak sekitar 30 menit dari pelabuhan Marina Ancol. Tunggu apalagi? Kuy rasakan keseruan menjelajah Pulau Bidadari bareng keluarga dan teman-teman!

Harga: tiket speed boat via Marina Ancol Rp125.000/orang*

Jam buka: 24 jam

Alamat: Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta (buka di Google Maps)

Klik di sini untuk pesan katalog paket Explore Pulau Bidadari di To Do tiket.com

7. Pulau Macan yang Ramah Lingkungan

Pulau satu ini terkenal dengan konsep eco resort dan eco village-nya.Terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Pulau Macan Besar yang terdapat banyak resort dan aktivitas seru dilakukan, serta Pulau Macan Kecil atau Gundul yang nggak berpenghuni.

Ada berbagai cottage yang bisa sobat tiket pilih, lho di sini. Masing-masing akan menawarkan pemandangan laut yang akan bikin kamu takjub. Jangan lewatkan untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam di pulau ini, yah!

Harga: tiket speed boat via Marina Ancol Rp250.000/orang*

Jam buka: 24 jam

Alamat: Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta 14540 (buka di Google Maps)

Klik di sini untuk pesan katalog paket private tour 2H1M ke Pulau Macan di To Do tiket.com

8. Cottage Terapung di Pulau Ayer

Merasakan menginap di cottage terapung? Kuy mampir ke Pulau Ayer. Pulau ini ternyata terkenal dengan akomodasi berbintang dan berkelasnya, lho. Sebagian besar cottage di sini merupakan penginapan bintang 4 yang menyediakan fasilitas super lengkap.

Dengan begitu, pasti momen liburan sobat tiket di pulau ini akan makin nyaman. Selain itu, sobat tiket juga bisa mengajak orang tersayang untuk melakukan berbagai aktivitas seru di pulau ini mulai dari memancing, olahraga kayak, banana boat, jetski, bermain voli pantai, hingga outbond. Pastinya seru abisss!

Harga: tiket speed boat via Marina Ancol Rp125.000/orang*

Jam buka: loket tiket speed boat mulai pukul 06.00 WIB

Alamat: Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta (buka di Google Maps)

9. Pulau Pramuka, Pusat Pemerintahan Kepulauan Seribu

Pulau satu ini merupakan pulau berpenduduk nih, sobat tiket. Karena merupakan pusat pemerintahan, jadi fasilitas di pulau ini pun lengkap banget. Pulau Pramuka memang sering dijadikan sebagai tempat kegiatan kepramukaan, nggak heran kalau pulau yang dulunya bernama Elang ini kini bernama Pulau Pramuka.

Begitu sampai di pulau ini, sobat tiket akan menemukan kawasan konservasi hutan mangrove. Jangan lewatkan keseruan bermain olahraga air seperti banana boat, jetski, kano, hingga snorkeling dan diving. Oh ya, menyusuri Pulau Pramuka dengan perahu kayu juga menyenangkan banget, lho.

Harga: tiket speed boat via Marina Ancol Rp175.000/orang*

Jam buka: loket tiket speed boat mulai pukul 06.00 WIB

Alamat: Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta (buka di Google Maps)

Klik di sini untuk pesan katalog paket open trip 2H1M Pulau Pramuka di To Do tiket.com

Sudah Tahu Faktanya? Kini Liburan ke Kepulauan Seribu Jadi Makin Seru!

Wah, ternyata ada banyak rahasia dan fakta Kepulauan Seribu yang tersimpan di dalamnya, ya, sobat tiket? Pasti rasanya seru banget bisa tahu lebih dalam tentang pulau-pulau cantik di sekitar Jakarta ini.

Nah, ini saatnya sobat tiket untuk menyaksikan keindahan Kepulauan Seribu secara langsung. Sebelum itu, kuy pesan kamar hotel di Kepulauan Seribu via tiket.com. Dapatkan harga dan penginapan terbaik yang bakal bikin liburanmu jadi makin menyenangkan!

mau ke mana? semua ada tiketnya!

*Informasi valid saat artikel ini ditulis. Harga dan ketentuan lainnya dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola.



Informasi Wisata Borobudur dan Wisata Magelang, temukan informasi restoran dan cafe dekat candi Borobudur di Travelling Borobudur. Gudang informasi tempat nongkrong di Borobudur dan wisata keluarga dekat Candi Borobudur

Sumber :

blog.tiket.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here