Pulau Macan – Pengen liburan ke pantai yang jauh dari keramaian Jakarta? Kepulauan Seribu jawabannya! Kepulauan ini punya sederet pulau yang siap dijelajahi, sebut saja Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Pari, dan masih banyak lagi.

Tertarik untuk berkunjung ke Pulau Seribu, tapi masih bingung mau singgah ke pulau yang mana? Kali ini, tiket.com mau memberi rekomendasi salah satu pulau cantik yang bisa kamu kunjungi.

Pulau ini mirip banget sama Maldives atau Maladewa! Kamu bisa menikmati view laut jernih langsung dari tempat tidurmu, lho! 😍 Namanya, Pulau Macan. Penasaran apa aja yang bisa dilakukan di pulau ini? Baca lebih lanjut di bawah ya!

Baca juga:

Pulau dengan Konsep Eco Resort

Pulau Macan Eco Village & Resort

Pulau Macan merupakan salah satu pulau resort di Kepulauan Seribu. Pulau ini hanya memiliki satu resort di dalamnya, yaitu Pulau Macan Eco Village & Resort. Penginapannya akan bikin kamu serasa berada di Maldives: tempat tidur dengan view langsung ke laut!

Bedanya dengan pulau resort yang lain, pulau ini mengusung konsep eco resort alias ramah lingkungan. Salah satu contohnya, pulau ini menggunakan panel surya untuk memenuhi kebutuhan listrik di pulau ini.

Selain itu, kebanyakan makanan di sini menggunakan bahan organik serta ramah bagi vegetarian, lho. Dalam rangka menghemat energi, pulau resort ini pun sangat memanfaatkan SDA dengan baik, misalnya air hujan tampungan digunakan untuk kebutuhan air sehari-hari.

Unik banget kan ya konsepnya? Pulau Macan ini sebenarnya terdiri dari 2, yakni Pulau Macan Besar dengan eco resort-nya serta Pulau Macan Kecil yang hanya terlihat saat air laut surut. Saat surut, kamu tinggal berjalan kaki deh dari Pulau Macan Besar ke Pulau Macan Kecil!

Cara Menuju ke Pulau Macan

Untuk mencapai resort ini, sobat tiket bisa menggunakan kapal speedboat dari dermaga Marina Ancol Jakarta dengan perjalanan kurang lebih 1,5-2 jam dan kamu sudah bisa merasakan pasir pantai menyentuh kakimu.

Pastikan catat jadwal keberangkatannya, karena kapal ini hanya berangkat satu kali, yakni setiap hari jam 08.00 WIB.Sementara itu, speedboat akan kembali dari Pulau Macan sekitar pukul 14.00 WIB.

Kalau mau berangkat sendiri di luar jadwal yang tersedia atau kamu membawa peralatan diving di atas 10 kg, kamu bisa menyewa kapal (charter) dengan harga sedikit di atas harga penyeberangan normal.

Harga: paket tur mulai dari Rp2.066.514/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 24 jam

Alamat: Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14540 (Cek di Google Maps)

Paket sudah termasuk: tiket masuk ke Pulau Macan, makan siang, minuman gratis, perjalanan pulang-pergi dari Pelabuhan Marina ke Pulau Macan, akomodasi 2H1M di pilihan penginapan Eco Cabin/Red Brick/Tropical Cottage, kegiatan selama di pulau (berenang, snorkeling, kayak)

Klik di sini untuk pesan tiket All-Inclusive Tour To Pulau Macan From Jakarta di tiket.com

Aktivitas Seru Selama di Pulau Macan

Pulau Macan dikenal dengan pasir putih dan lautan birunya. Nikmati keindahan laut jernih yang menawan, eksplorasi kehidupan bawah laut yang mempesona, hingga relaksasikan diri di penginapan yang tenang.

Untuk aktivitas selengkapnya, simak lebih lanjut di bawah ini ya!

1. Snorkeling: Kegiatan Wajib No. 1 di Pulau Macan!

Rasanya memang nggak lengkap kalau sudah main ke Kepulauan Seribu tanpa mencoba snorkeling, ibarat makan sayur tanpa garam: alias hambar. Yup, snorkeling adalah salah satu kegiatan seru yang bisa bikin liburanmu jadi makin berkesan lho, sobat tiket!

Setiap sore sekitar pukul 3, kamu akan diajak untuk snorkeling ke laguna terdekat. Melihat indahnya terumbu karang dan hewan laut tentu nggak boleh dilewatkan. Air laut yang jernih membuat kamu bisa leluasa menikmati pemandangan bawah laut deh!

Ilustrasi snorkeling

Nggak perlu khawatir, karena fasilitas snorkeling biasanya sudah termasuk ke dalam paket tur atau paket menginap. Tinggal duduk manis, biarkan kapal membawamu ke tempat snorkeling, dan selamat menyelam!

2. Bermain Kano, Belajar Jadi Pelaut Sungguhan

Selain snorkeling, kamu juga bisa coba aktivitas air lain nih: bermain kano. Yup, saat pasang, kamu bisa mendayung kano menuju Pulau Macan Kecil. Kamu juga bisa berkeliling menggunakan kano di sekitar Pulau Macan ini. Pastinya seru dan menyenangkan banget!

Ilustrasi bermain kano

Kuy, keluarkan jiwa petualangmu saat menyusuri area sekitar pulau ini. Di laut yang tenang, kamu bisa belajar mendayung kano seperti seorang petualang sejati!

3. Scuba Diving: Menyelami Keindahan Bawah Laut

Ilustrasi scuba diving

Sobat tiket tertarik untuk menjelajahi keindahan laut dalam? Kamu boleh coba scuba diving. Nantinya, kamu akan dibawa dengan speedboat menuju beberapa spot yang cocok untuk diving

Kamu dapat bertemu secara langsung dengan terumbu karang dan ikan-ikan kecil cantik di bawah laut. Begitu menyelami keindahan lautnya, kamu akan serasa berada di dunia lain yang penuh keajaiban, sobat tiket! Tentunya bisa jadi pengalaman refreshing yang berkesan.

Ilustrasi scuba diving

Kalau kamu belum terbiasa dengan diving, tenang saja sobat tiket. Di dekat pulau, tersedia juga ruang dekompresi, tempat pemulihan bagi penyelam yang mengalami gejala-gejala karena perubahan tekanan air.

4. Island-Hopping, Menjelajah Pesona Antar Pulau

Ngaku berjiwa petualang? Harus coba island-hopping, sobat tiket! Kamu bisa menjelajah ke beberapa pulau kecil di sekitar. Salah satunya, Pulau Macan Kecil yang masih merupakan bagian Pulau Macan tapi tak berpenghuni.

Makin seru kalau kamu island-hopping dengan kano, kayak, atau paddle board. Untuk bermain kano, kamu bisa ke perairan yang lebih dalam di dermaga tempat melihat sunset ya!

Kalau mau pergi ke pulau sekitar yang lebih jauh dan terisolasi, kamu juga bisa menyewa kapal yang tersedia lho. Tinggal kontak pihak pengelola, dan siap-siap memulai petualangan!

5. Menanam Terumbu Karang

Ilustrasi menanam terumbu karang

Kalau bisa berlibur sambil melestarikan lingkungan, kenapa nggak? Pengelola pulau ini sangat peduli pada kelestarian lingkungan, termasuk terumbu karang. Kamu pun bisa ikut menjaga alam di Pulau Macan dengan menanam terumbu karang, lho.

Ilustrasi menanam terumbu karang

Selain punya dampak positif, kamu juga menambah pengalaman baru. Sekalian biar lebih akrab dengan alam Indonesia. Siapa tahu, kamu bisa menyaksikan terumbu karang yang kamu tanam ketika balik liburan ke sini lagi nanti.

6. Trekking Menjelajahi Pulau (Atau Bersepeda!)

Ilustrasi trekking

Mungkin kamu bertanya-tanya, ada apa saja sih di pulau ini? Jawab rasa penasaranmu dengan trekking berkeliling pulau! Yup, kamu bisa berkeliling di Pulau Macan Kecil dan melihat keindahan yang ada di pulau tersebut.

Di Pulau Macan Besar, tidak ada kendaraan bermotor yang tersedia sebab mereka memang bertujuan mengurangi polusi dan karbon. Kamu bisa mencari tau pesona pulau ini dengan bersepeda, sobat tiket!

7. Santai di Pantai

Ilustrasi bersantai di pantai

Pulau Macan Besar memang nggak punya pasir. Tapi, kamu bisa menikmati hamparan pasir yang luas dan cantik di Pulau Macan Gundul.

Tentunya, nggak ada kata bosan untuk menatap pantai. Sambil menunggu matahari terbenam, kamu bisa keliling pantai, berenang atau bermain pasir pantai yang halus. 

Lepaskan semua stres sambil mendengar hembusan angin pantai dan suara ombak yang bikin makin betah. Kamu juga bisa bawa hammock dan mengikatkannya di pepohonan sekitar pantai. Pilih posisi yang terbaik supaya bisa melihat pesona pantai yang menakjubkan.

Tips Berkunjung ke Pulau Macan

Sebelum berkunjung, jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dahulu ya! Pulau ini merupakan pulau privat dengan kuota pengunjung yang terbatas setiap harinya, jadi kamu tidak bisa datang kapan saja (terutama jika kuota sudah penuh).

Selain itu, semua fasilitas yang ada di sini merupakan milik pengelola pulau. Jadi, kalau mau menggunakan sarana water sports atau fasilitas lain di sini, kamu harus mendapat izin atau membeli paket tur di agen wisata yang sudah bekerja sama dengan pengelola ya!

Pastikan kamu membeli melalui tiket.com ya, agen wisata yang terpercaya dan selalu siap menemani perjalananmu kapanpun!

Short Escape Terbaik dari Jakarta

Setelah tahu pulau ini keren banget, kamu pastinya pengin segera berlibur. Kuy, segera tentukan tanggal buat liburan. Ajak keluarga dan sahabatmu untuk eksplorasi pantai cantik dan menciptakan memori tak terlupakan!

Buat kamu yang tinggal di luar Jakarta, bisa banget lho berlibur ke Pulau Macan. Tinggal pesan tiket kereta api ke Jakarta, dan siap-siap liburan deh!

mau ke mana? semua ada tiketnya!

*Informasi valid saat artikel ini ditulis. Harga dan ketentuan lainnya dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola.



Informasi Wisata Borobudur dan Wisata Magelang, temukan informasi restoran dan cafe dekat candi Borobudur di Travelling Borobudur. Gudang informasi tempat nongkrong di Borobudur dan wisata keluarga dekat Candi Borobudur

Sumber :

blog.tiket.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here