Air Terjun Tumpak Sewu - A Thousand Waterfalls



Air TerjunTumpak Sewu satu dari 10 wisata wajib ketika kamu berkunjung ke Jawa Timur, sebuah Harta karun yang sulit ditemukan dan ini ada di Indonesia. Sebenarnya sudah banyak Travellers Cantik mengunjungi tempat ini, namun memang belum sepopuler air terjun lainnya. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki formasi unik karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered. Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.



Meski berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, namun wisata Air Terjun Tumpak Sewu umum dijangkau melalui Kabupaten Lumajang melalui jalan nasional rute 3 lintas selatan Jawa Timur. Jika berangkat dari Malang, Anda bisa memilih rute perjalanan Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo - perbatasan Lumajang dan Malang. Setelah sampai di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, wisatawan akan melihat pintu masuk obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu di tepi jalan. Jalan tersebut muat dua kendaraan saat berpapasan. Anda pun bisa langsung parkir di tempat wisata Air Terjun Tumpak Sewu. Air Terjun Tumpak Sewu sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum berupa minibus. Bus-bus dengan rute Lumajang - Malang atau sebaliknya biasanya beroperasi mulai pukul 07.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 16.00 WIB. Untuk harga tiket masuk kawasan air terjun ini masih sangatlah murah, cukup membayar biaya parkir dan tikwt masuk dan total biaya masih di bawah Rp 10.000,-


Tumpak sewu memiliki dua buah perspektif, namun biasanya wisatawan yang punya energi berlebih akan memilih menuruni tebing untuk panorama yang lebih kolosal. Tetaplah berhati-hati saat menuruni tebing yang sudah dilengkapi pengaman ini, mengingat tempatnya tidak luas. Biasanya perlu waktu sekitar 30 menit untuk mencapai dasar lembah, dan akan lebih saat mendakinya.



Ada yang mau tau lebih secara visual bagaimana medan ketika mengunjungi Air Terjun Legenda ini ? Check this out Video dari Travellers Cantik kita !




Exploring East Java

Tumpak Sewu In this series, we travel around East Java, Indonesia in search of the best adventure spots. In this episode, we focus on Tumpak Sewu waterfall. This has been called by many people as "Indonesia's Best Waterfall". Obviously, that's just an opinion, but this place sure is incredible! Tumpak Sewu is a massive artwork of nature, but that's not the only waterfall in this area. At the base, it's also very close to a set of falls called Goa Tetes. In the next episode, we travel to the city of Probolingo and we visit Mt Bromo, an active volcano, and another magical waterfall that we have some trouble finding.


0 tampilan0 komentar
About Me

Joana Wenas - Founder Travellers Cantik Indonesia was born in Bekasi Indonesia in June 1990. She has been travelling 24 provinces Indonesia and 3 continent around the world

 

Read More

 

© 2020 Travellers Cantik Indonesia x Tourism Ministry Indonesia

Join My Mailing List
  • White Facebook Icon