Tips Sebelum Menggunakan Dunia Digital

Apabila kalian belum membaca Dua Artikel Joana mengenai Cara Mengembangkan Dunia Usaha Menggunakan Channel Digital lebih baik Kalian Baca Dulu agar kalian bisa lebih memahami Tips sebelum menggunakan Dunia Digital.


Cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan ialah dengan memberikan produk berkualitas. Itulah pedoman yang selalu Anda junjung dalam bisnis. Selain itu juga, perlu strategi digital marketing yang canggih. Sebab kualitas produk yang baik bila tidak diimbangi dengan pemasaran yang canggih dan tepat, maka hasilnya tidak akan menguntungkan. Itulah mengapa perlu pemasaran digital yang canggih. Bahkan dengan digital marketing yang canggih mampu menutupi kualitas produk yang cukup.



Pada bagian ini, kami akan membantu Anda untuk menyesuaikan dengan strategi pemasaran digital agar bisa mencapai target penjualan yang diinginkan.


Kenali pelanggan dengan baik.

Dengan mengetahui calon pelanggan, Anda akan mampu mengambil jalan untuk melalukan pemasaran yang efektif. Ingatlah bahwa “pembeli adalah raja”. Dengan demikian Anda wajib melayani secara maksimal



Petakan setiap jenis pelanggan.

Semua bisnis pasti dimulai dari tahap perkenalan (awareness), pertimbangan, penjualan, penilaian hingga kembali membeli. Setiap promosi Anda mengambil peran penting dalam tahap-tahap tersebut. Dengan demikian perlu Anda ketahui hal apa saja yang harus dilakukan agar pembeli selalu kembali untuk membeli produk



Amati pihak kompetitor.

Hal ini bertujuan agar tidak kalah saing serta kehilangan para pelanggan. Sebaiknya berikan strategi pemasaran yang menarik untuk memperoleh hati pelanggan



Buat target yang terarah.

Target marketing harus memenuhi syarat SMART (Specific, Measurable, Actionable, Relevant, serta Time bound). Target marketing yang Anda susun mesti realistis serta terukur untuk membantu Anda menjalankan strategi digital marketing yang efektif


Pilih channel pemasaran digital yang cocok.

Hal ini karena tidak semua channel digital marketing bisa menghasilkan output yang besar. Pilihlah channel dengan jumlah market yang besar dan menghasilkan para pelanggan yang potensial. Bila ada satu channel yang efektif, mengapa harus menghabiskan budget untuk semua channel.


Cara Memulai

Tahukah Anda cara memulai digital marketing yang efektif? Hal ini perlu Anda ketahui guna memperlancar kegiatan promosi Anda. Nah, perhatikan cara memulai digital marketing berikut ini:


  • Mengenali aset yang Anda dan perusahaan miliki

  • Berani memulai dan kehilangan uang, karena dibutuhkan eksperimen (testing) target pasar sebelum Anda pada akhirnya membuat keuntungan

  • Tentukan channel pemasaran digital yang paling cocok untuk bisnis Anda


Tentukan Tujuan Melakukan Pemasaran Online

Kini pemasaran bisnis sulit dipisahkan dengan dunia digital. Dan tahukah Anda kenapa digital marketing ini semakin marak? Hal ini karena tujuan utama penggunaan dari digital marketing adalah:


Akuisisi Pelanggan

Akuisisi bertujuan untuk mengajak pelanggan dari kompetitor untuk menggunakan produk atau jasa dari bisnis yang Anda punya. Hal ini bertujuan agar pelanggan dari kompetitor beralih dari menggunakan produk kompetitor ke menggunakan produk dari bisnis Anda.


Meningkatkan Konversi

Konversi adalah menargetkan pelanggan baru untuk menikmati produk atau jasa dari perusahaan.


Menaikan Tingkat Engagement Rate

Engagement rate merupakan suatu angka yang mengukur tingkat pemakaian pelanggan dalam menggunakan produk atau jasa dari bisnis Anda. Semakin sering pelanggan menggunakan variasi produk Anda, maka akan semakin tinggi persentase engagement rate.


Dari tiga tujuan utama diatas tersebut, Anda dituntut untuk bisa menyusun tujuan pemasaran terlebih dahulu agar nantinya dapat menerapkan strategi digital marketing yang tepat.


Apa Saja yang Dibutuhkan?

Sama halnya dengan pemasaran konvensional, dalam digital marketing juga membutuhkan persiapan. Mengingat dalam pemasaran ini Anda membutuhkan media digital sebagai jembatan antara Anda dengan calon pembeli produk. Berikut hal yang perlu Anda persiapkan.

  • Email address

  • Website atau blog (wajib)

  • Nomer handphone (wajib)

  • Akun media sosial. Ini untuk membangun kredibilitas bisnis atau perusahaan Anda

  • Untuk memperlancar pemasaran digital Anda, gunakan jasa SEO Tips Menjalankan Social Media Marketing


Berikut tips menjalankan social media marketing yang sangat penting dalam bisnis maupun perusahaan Anda:

  • Membuat konten yang menarik, informasi, dan tepat

  • Selalu konsisten untuk mengembangkan media sosial

  • Melakukan analisa aktivitas sosial media

  • Melakukan analisa kompetitor

  • Menyelipkan gimmick.


Itulah informasi dasar seputar digital marketing. Setelah membaca artikel di atas apakah Anda tertarik untuk menggunakan pemasaran secara digital? Belajar digital marketing memang susah-susah gampang, tapi di sisi lain ada banyak kelebihan yang bisa Anda peroleh dari pemasaran seperti ini. Sebaiknya sesuaikan dengan pasar, produk, dengan tools pemasaran digital yang Anda pilih. Salam dari travellers cantik dan Pendaki Cantik Indonesia.




About Me

Joana Wenas - Founder Travellers Cantik Indonesia was born in Bekasi Indonesia in June 1990. She has been travelling 24 provinces Indonesia and 3 continent around the world

 

Read More

 

© 2020 Travellers Cantik Indonesia x Tourism Ministry Indonesia

Join My Mailing List
  • White Facebook Icon