Tips Mencegah Corona Saat Harus Travelling di Luar Negeri



Tips mencegah terkenda Covid19 saat harus traveling ke luar negeri saat masa pandemi.


Penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Tiongkok hingga ke sejumlah negara, termasuk Indonesia, membuat masyarakat khawatir untuk bepergian ke luar negeri, terutama di negara-negara yang terjangkit. Lalu, bagaimana kalau traveler sudah merencanakan liburan ke luar negeri selama jauh-jauh hari? Atau jika traveler harus melakukan perjalanan ke luar negeri karena ada kepentingan mendesak? Tak perlu khawatir, traveler tentu tetap bisa bepergian ke luar negeri. Namun, sebelum berangkat ke luar negeri, berikut ini ada 7 tips mencegah corona saat traveling. Sekilas tentang Corona (Covid-19)




Virus Corona merupakan kumpulan virus yang mampu menginfeksi sistem pernafasan. Di banyak kasus, virus corona hanya menyebabkan infeksi pernafasan ringan, seperti flu. Tapi, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernafasan berat, seperti pneumonia, Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle-East Respiratory Syndrome (MERS). Sementara Covid-19 adalah nama resmi untuk penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Covid-19 adalah singkatan dari ‘Co’ yang berarti Corona, ‘Vi’ artinya Virus dan ‘D’ adalah Disease (penyakit) dan 19 adalah tahun dimana pertama kali penyakit ini teridentifikasi di Tiongkok, yaitu 31 Desember 2019.

Baca Juga : Syarat Traveler Melakukan Perjalanan Masuk & Keluar Indonesia Wajib di Ketahui!

Secara umum, virus corona (Covid-19) ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu seperti hidung berair, sakit kepala, batuk, demam dan nyeri tenggorokan. Atau gejala penyakit infeksi pernafasan berat, seperti batuk berdahak hingga berdarah, demam tinggi, nyeri dada hingga sesak nafas. Gejala Covid-19 ini akan muncul dalam waktu 2 hari hingga 2 minggu setelah terpapar virus corona. Dilansir dari news for Indonesia ini dia Tips Mencegah Corona Saat Harus Travelling di Luar Negeri


1. Perhatikan Himbauan dari Pihak Berwajib

Tips mencegah corona saat traveling yang pertama adalah selalu memperhatikan himbauan dari pihak berwajib. Pihak berwajib ini bisa berarti pemerintah Indonesia atau pemerintah negara yang akan traveler datangi. Biasanya, pihak berwajib akan memberikan informasi tentang kondisi dan status terkini dari negara tersebut. Apakah sudah ada kasus corona, kemudian bagaimana penanganannya. Atau apakah mereka bersih dari corona dan yang paling penting adalah negara yang akan traveler datangi tersebut masih aman untuk turis. Misalnya seperti himbauan pemerintah untuk negara Tiongkok yang saat ini sudah ditutup untuk wisatawan. Lalu juga ada Singapura yang status negaranya sudah dalam status orange dan Indonesia telah mengeluarkan himbauan untuk sebaiknya berhati-hati dan menunda rencana perjalanan ke Singapura. Apabila sudah ada travel warning atau peringatan perjalanan untuk tidak berwisata ke negara tersebut, maka sebaiknya traveler tunda keberangkatan atau cari alternative destinasi lainnya. Tapi, kalaun belum ada himbauan khusus, maka traveler tak perlu takut untuk traveling.


2. Hindari Hoaks

Setelah traveler memperhatikan himbauan dari pihak berwajib, tips mencegah corona saat traveling selanjutnya adalah menghindari hoaks atau berita bohong. Seiring dengan mewabahnya virus corona di berbagai negara, tentu juga banyak berita bohong yang tersebar, entah itu melalui portal berita ataupun melalui social media. Untuk itu, traveler harus benar-bernar selektif dalam menerima berita. Pastikan berita yang traveler terima tersebut hoaks atau bukan. Caranya, traveler harus memastikan portal berita atau sumber berita yang traveler dapatkan sudah kredibel atau bisa dipercaya. Traveler juga perlu riset tentang negara tujuan dan memastikan negara tersebut aman untuk dikunjungi.

3. Rutin Mengecek Kesehatan dan Temperatur

Tips mencegah corona saat traveling selanjutnya adalah dengan selalu cek kesehatan, khususnya mengecek temperatur badan. Traveler bisa membawa termometer selama traveling untuk terus memantau kondisi suhu tubuhmu. Selain itu, traveler juga perlu minum vitamin, beristirahat dan tidur yang cukup di sela-sela traveling. Jangan lupa juga untuk selalu membawa obat-obatan pribadi. Saat traveler merasa tak enak badan dan sakit yang tak biasa, segeralah periksakan diri ke dokter.


4. Gunakan Masker

ayobandung.comMenggunakan masker adalah salah satu tips mencegah corona saat traveling, apalagi jika traveler berada di area public. Masker berfungsi untuk melindungi diri traveler dan juga orang lain. Tak hanya virus corona, tapi saat traveler sedang sakit flu atau batuk pun bisa dicegah agar tidak menular ke orang lain. Masker yang sebaiknya digunakan adalah masker yang bagian dalamnya menyerap air. Traveler bisa menggunakan masker bedah atau surgical mask atau masker N95 dengan filter yang dinilai paling efektif melindungi manusia. Bagian luar yang berwarna hijau di masker bedah bersifat tahan air sehingga droplet penyakit yang secara tidak sengaja menempel pada masker tidak akan terhirup. Traveler bisa menggunakan masker saat berada di keramaian, seperti di bandara, stasiun atau tempat wisata yang menjadi tempat berkumpulnya manusia karena traveler tidak tau siapa diantara mereka yang sedang sakit.


5. Cuci Tangan

indozone.idTak hanya melalui droplet, virus corona juga bisa menular melalui kontak personal. Bersentuhan tangan antar manusia atau menyentuh benda atau permukaan yang terdapat virus corona kemudian tangan traveler menyentuh hidung, mulut atau mata bisa jadi penularan. Tips mencegah corona saat traveling selanjutnya yaitu dengan rutin mencuci tangan karena dengan mencuci tangan bisa mencegah virus corona semakin menyebar. Traveler bisa mencuci tangan dengan sabun atau dengan membawa cairan pembersih tangan serba guna saat traveling. Gunakan sebelum menyentuh area wajah, sebelum makan atau setelah tangan traveler menyentuh benda asing.


6. Perhatikan Makanan dan Jaga Hidrasi

masakapaya.comTips mencegah corona saat traveling berikutnya adalah dengan memperhatikan makanan, apalagi saat traveler sedang berwisata kuliner. Traveler perlu memperhatikan kebersihan dan kematangan makanannya. Perlu diketahui jika virus corona bisa mati jika dipanaskan hingga suhu 56 derajat celcius selama 30 menit. Tentunya, dengan proses memasak yang sesuai bisa membantu untuk menghilangkan potensi penularan virus corona melalui makanan. Poin ini harus selalu traveler perhatikan terlebih lagi jika traveler akan berlibur ke negara-negara yang kerap menyajikan kuliner ekstrim seperti Thailand dan Vietnam. Selain dari makanan, traveler juga perlu menjaga tubuh agar selalu terhidrasi karena air menyumbang 60% dari total berat tubuh. Air mampu menjaga cairan yang dibutuhkan dan mampu menutrisi tubuh.


7. Olahraga dan Tingkatkan Imunitas

goodnewsfromindonesia.idTips mencegah corona saat traveling yang terakhir ini memang agak sulit, tapi bukan berarti tak bisa dilakukan. Traveler bisa mengambil sesi latihan atau olahraga ringan disela-sela waktu liburan traveler. Kalau traveler khawatir untuk berolahraga di luar ruangan, traveler bisa berolahraga di pusat kebugaran yang tersedia di hotel. Olahraga yang diimbangi dengan mengonsumsi makanan bergizi mampu meningkatkan imunitas. Hal ini sangat penting untuk ketahanan tubuh traveler dalam melawan virus. Traveler bisa sempatkan untuk berolahraga selama 15 hingga 30 menit setiap harinya kemudian ditambah dengan megonsumsi makanan kaya vitamin C dan vitamin A yang banyak terkandung dalam sayur dan buah. Nah, 7 tips mencegah corona saat traveling diatas bisa traveler terapkan jika traveler ada rencana traveling ke luar negeri. Jadi, traveler tak perlu lagi takut terkena virus corona saat berlibur karena virus corona bisa dicegah. Happy traveling.




About Me

Joana Wenas - Founder Travellers Cantik Indonesia was born in Bekasi Indonesia in June 1990. She has been travelling 24 provinces Indonesia and 3 continent around the world

 

Read More

 

© 2020 Travellers Cantik Indonesia x Tourism Ministry Indonesia

Join My Mailing List
  • White Facebook Icon