TIPS BUAT YANG MAU NAIK GUNUNG

Sahabat travellers, memilih gunung atau pantai? Terlepas dari lebih suka mana gunung atau pantai tentunya itu preferensi masing-masing dan ada alasannya tersendiri. Tapi, fokus kali ini yang akan dibahas adalah gunung.



Penggemar fotografi dengan nuansa alam pasti minimal memiliki satu foto dengan obyek gunung. Apalagi hikers, setiap ada kesempatan liburan tidak lupa muncak.






Jika keluarga sahabat travellers hobi liburan ke gunung, Gunung Merapi adalah salah satu destinasi wisata keluarga paling direkomendasikan di sekitar Jogja. Selain itu ada Gunung Merbabu yang posisinya di dua provinsi, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Adapula Gunung Andong yang memiliki kategori tidak terlalu tinggi dan cocok untuk pemula. Kalaupun gunung-gunung tersebut terlalu berat dan dirasa butuh persiapan lebih, mengunjungi bukit-bukit bisa menjadi alternatif lain yang lebih sederhana.


Buat kamu yang suka ataupun berencana menghabiskan waktu liburan ke gunung, wajib baca sampai selesai.





Kenali Rute dan Transportasi

Pastikan buat yang mau liburan ke gunung, pahami rute dan transportasi apa saja yang bisa menjangkau area tersebut. Apalagi jika yang diajak adalah orang yang tidak terlalu suka berjalan lama. Tentunya transportasi ke daerah-daerah gunung dan perbukitan biasanya adalah transportasi khusus, misalnya jeep, motor trailer dan sebagainya. Cari informasi akses terdeka dan termudah untuk menghemat waktu dan biaya.


Kenali Medan dan Tipe Gunung

Tips buat kamu yang mau naik gunung selanjutnya adalah mengenali medan. Ini penting sekali sebelum memutuskan untuk berlibur ke gunung tersebut. Misalnya saja, apakah gunung itu memiliki struktur tanah bebatuan, berpasir, atau identik dengan tanah basah yang becek, sehingga dapat memutuskan alas kaki apa yang sebaiknya dipakai.




Kamu juga bisa mengecek berapa ketinggian gunung tersebut sehingga bisa memutuskan untuk menggunakan pakaian jenis apa, ataupun untuk memutuskan perlu membawa jaket atau tidak. Selain itu, hal penting lainnya adalah mengetahui apakah gunung tersebut gunung berapi aktif atau bukan. Jika gunung tersebut masih aktif dan mengeluarkan belerang, maka kamu perlu menyiapkan masker untuk mencegah keracunan sulfur.



Mengecek Kesediaan Logistik

Jika di area gunung tersebut menyediakan kedai ataupun warung makan, maka kamu tidak perlu merasa repot untuk membawa bekal berat-berat dari rumah. Cukup menikmati hidangan yang disediakan di sana, hitung-hitung bentuk support kepada pedagang lokal di sekitar area gunung tersebut yang sudah dengan susah payahnya membawa barang dagangan untuk dijual di gunung. Namun, jika gunung tersebut jauh dari area penyedia makanan dan minuman, kamu perlu menyiapkan logistikmu sendiri supaya tidak kelaparan di gunung ataupun repot naik turun gunung untuk mengisi perut.


Patuhi Aturan Lokal

Setiap tempat tentunya memiliki aturan masing-masing, apalagi gunung dimana rentan sekali kejadian-kejadian yang tidak diharapkan terjadi di sini. Beberapa gunung dikeramatkan oleh masyarakat sekitar, dan tentu memiliki aturannya masing-masing. Biasanya, aturan-aturan yang terdapat di gunung mencakup larangan berbicara kotor, larangan membuang sampah sembarangan, larangan merusak, ataupun mengambil barang dari gunung.



Kunjungi Website Partner Travellerscantik :




About Me

Joana Wenas - Founder Travellers Cantik Indonesia was born in Bekasi Indonesia in June 1990. She has been travelling 24 provinces Indonesia and 3 continent around the world

 

Read More

 

© 2020 Travellers Cantik Indonesia x Tourism Ministry Indonesia

Join My Mailing List
  • White Facebook Icon