RESEP BUAT ES TIMUN KHAS ACEH UNTUK BUKA PUASA

Hi Traveler,


Setelah kemarin membahas wisata sekitar aceh, akhirnya travellers cantik teringat akan satu minuman yang cukup terkenal di aceh. Aceh dikenal dengan kulinernya yang kaya rempah dan rasa yang kuat, sebut saja ayam tangkap, pliek u, hingga mi Aceh. Sehabis menyantap hidangan tersebut, rasanya akan sangat pas jika kita minum sesuatu yang segar.





Nah, Aceh memiliki minuman khas dengan rasa yang menyegarkan, yaitu es mentimun atau timun.Dari namanya saja traveler pasti sudah bisa menebak kalau minuman ini berbahan dasar timur. Timun segar diparut atau diserut. Ini adalah resep yang bisa kalian coba dirumah untuk berbuka puasa nanti.



Sebagai campurannya ada sirup limau yang dibuat ddengan merebus air, gula pasir, air perasan jeruk limau dan daun jeruk. Masak hingga air mendidih dan gula larut.Lalu, campurkan campuran sirup dengan parutan timun. Ada juga beberapa orang yang menambahkan selasih agar rasanya lebih bervariasi. Terakhir, tambahkan es batu, lalu aduk hingga merata.





Bahan-bahan dan proses pembuatannya memang sangat sederhana, tapi jangan remehkan rasanya. Sudah pasti bisa menghilangkan dahaga. Ada sensasi dingin saat kita menggigit serutan timun.


Minuman yang juga dikenal dengan nama ie boh timun ini juga biasa dinikmati di momen-momen seperti bulan Ramadhan. Rasanya yang mampu menghilangkan haus di bulan suci dapat menjadi opsi untuk traveler untuk menu buka puasa.


Es timun juga bisa ditemukan di restoran-restoran di Aceh. Masyarakat Aceh umumnya memesan es timun sebagai minuman, mungkin seperti traveler memesan es teh sehabis makan di restoran.





Menurut beberapa masyarakat, timun dipilih karena dianggap sebagai bahan baku yang relatif murah dan mudah didapatkan. Selain itu, pengolahan es timun juga tidak sulit. Selain nikmat, es timun juga ternyata menyimpan manfaat, khususnya bagi ibu hamil. Es timun ampuh meredakan rasa mual dan membuat perut nyaman setelah muntah. Khasiat lainnya, es timun juga bisa menambah nafsu makan. Wah, traveler harus coba, nih!


Jadi temukan wisata sekitar Aceh di blog travel Travellers Cantik!


-Joana-

About Me

Joana Wenas - Founder Travellers Cantik Indonesia was born in Bekasi Indonesia in June 1990. She has been travelling 24 provinces Indonesia and 3 continent around the world

 

Read More

 

© 2020 Travellers Cantik Indonesia x Tourism Ministry Indonesia

Join My Mailing List
  • White Facebook Icon