Pesona Indonesia Tidak Dipakai Sementara Waktu Di Ganti Thoughtful Indonesia

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memposting sebuah video di saluran Youtubenya berjudul "Menjaga Jarak, Menjaga Negeri". Pada akhir video tersebut, slogan pariwisata Indonesia yang biasanya Pesona Indonesia atau Wonderful Indonesia tampak berubah bertuliskan Thoughtful Indonesia. Menanggapi hal ini, Kemenparekraf angkat bicara melalui Kepala Biro Komunikasinya, Agustini Rahayu. "Wonderful Indonesia tetap jadi branding utama kita," kata Agustini Rahayu saat dihubungi Kompas.com, Jumat (17/4/2020).





"Kalau Thoughtful Indonesia ini adalah logo kontekstual yang menyerupai logo Wonderful Indonesia agar related dengan pesan yang kami mau bawa dalam situasi krisis ini. Jadi bukan branding yang menggantikan," jelasnya.  Tak hanya pariwisata Indonesia, menurut Agutini Rahayu banyak merek besar lainnya juga melakukan pergantian slogan kontekstual di masa pandemi virus corona. Ia memberi contohnya Coca Cola yang menuliskan 'Staying apart is the best way to stay united'' (menjaga jarak adalah cara terbaik untuk tetap bersatu). Ada juga slogan McDonald's yang huruf M nya dipisah memiliki makna penjagaan jarak sosial. "Jadi tidak ada yang aneh dengan contextual brand dan sudah banyak dikenal global," jelasnya.



Ia pun kembali menegaskan bahwa slogan Wonderful Indonesia tetap merepresentasikan janji brand Kemenparekraf. "Sejauh ini kami masih Wonderful Indonesia, tidak ada penggantian logo. We are still Wonderful in many ways (kita masih luar biasa di banyak hal)," katanya. Seperti diketahui bersama, sektor pariwisata merupakan salah satu yang paling terpukul karena merebaknya virus corona.  Pandemi ini berdampak pada penawaran serta permintaan perjalanan.


Slogan Thoughtful Indonesia menurut Agustini Rahayu ingin mewakili hal tersebut untuk menunjukkan empati dari pelaku pariwisata yang terdampak virus corona. Rasa peduli untuk bersama melawan Covid-19 juga ditunjukkan oleh Pariwisata Portugal dalam saluran Youtubenya Visit Portugal. Pada sebuah video berjudul 'Can't Skip Hope' itu menggambarkan bagaimana pariwisata Portugal tengah berjuang mengampanyekan penjagaan jarak sosial dan menghentikan sejenak aktivitas wisata.



Tetap sehat untuk semua rekan traveler di seluruh Indonesia, semoga segala sesuatu membaik dan semua bisnis di segala bidang bisa kembali berjalan dengan baik di era new normal nanti. Namun mengambil statement dari CEO Nutrifood Indonesia "Mau trend naik atau turun yang terpenting di dunia usaha kita harus memiliki strategi marathon untuk tetap bertahan"



Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Bukan Ganti Slogan, Kemenparekraf Pakai Thoughtful Indonesia di Masa Covid-19",


Penulis : Nicholas Ryan Aditya

Editor : Silvita Agmasari


About Me

Joana Wenas - Founder Travellers Cantik Indonesia was born in Bekasi Indonesia in June 1990. She has been travelling 24 provinces Indonesia and 3 continent around the world

 

Read More

 

© 2020 Travellers Cantik Indonesia x Tourism Ministry Indonesia

Join My Mailing List
  • White Facebook Icon