Penerapan Digital Strategi Untuk Dunia Pariwisata

Artikel ini disadur dari beberapa artikel yang joana pelajari ketika bekerja di Traveloka dan Gojek Indonesia. Memberikan pengalaman dan pandangan Digital marketing secara holistik yang sudah sangat membantu kedua perusahaan tersebut Hyper Growth. Lalu Apa Itu, Strategi & Penerapan dalam Bisnis Apakah Anda merasa asing dengan istilah digital marketing? Akhir-akhir ini pasti Anda sering mendengar orang-orang mengucapkan kata marketing digital atau pemasaran digital. Apa itu Digital Marketing?



Digital marketing adalah salah satu cara yang di lakukan oleh suatu perusahaan untuk memasarkan produk dan jasa secara digital dengan menggunakan teknologi internet. Sebenarnya pemasaran secara digital ini sudah ada sejak 1990-an. Seiring berjalannya waktu, cara ini bukan hanya untuk memasarkan produk dan jasa tapi juga untuk mem-branding, membangun hubungan baik dengan pelanggan, dan meningkatkan penjualan bisnis. Dengan demikian dapat diketahui bahwa pengertian digital marketing ialah segala jenis kegiatan dan strategi yang dilakukan suatu perusahaan untuk mencapai target yang telah ditentukan melalui teknologi internet.



Perkembangan Digital Marketing di Indonesia

Perkembangan dunia digital marketing di Indonesia mulai booming semenjak penggunaan internet di Indonesia mulai meningkat, yakni sekitar tahun 2017. Pada tahun tersebut, tercatat telah ada 143 juta orang di Indonesia yang telah mengakses internet. Survey yang dilakukan Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan bahwa perilaku penggunaan internet di Indonesia selalu meningkat 10% setiap tahunnya. Sehingga tidak mengherankan bila perkembangan internet marketing seperti ini di Indonesia sangat meningkat. Laporan yang diperoleh dari penelitian mengungkap bahwa:


Email termasuk dalam salah satu platform yang efektif.

Hal ini karena lebih dari 2,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan email sebagai sarana komunikasi. Secara marketing, strategi ini mampu mendongkrak ROI. Setelah email, ada media sosial sebagai platform yang ampuh untuk melakukan pemasaran produk secara digital


Platform digital memegang peluang besar dalam pemasaran.

Semakin berkembangnya teknologi dan informasi, maka semakin tinggi juga kecepatan internet. Walaupun tren selalu berubah-ubah sesuai keinginan pasar, pemasaran secara digital selalu menjadi metode pemasaran produk yang paling ampuh


Tantangan yang ada dalam digital marketing, diantaranya kurangnya pemahaman dari tujuan pemasaran secara digital. Hal ini mengakibatkan sebagian besar aktivitas marketing hanya digunakan untuk membangun awareness saja, bukan untuk meningkatkan penjualan produk


Dalam pratik pemasaran secara digital yang harus diperhatikan ialah strategi yang mudah untuk meningkatkan profit. Strategi yang dilakukan ialah dengan mengamati kondisi pasar, lalu menentukan tools pemasaran secara digital mana yang paling relevan untuk digunakan Channel-Channel Digital Marketing



Penahkah Anda berpikir untuk mengelaborasikan digital marketing dalam bisnis Anda? Hal ini dengan harapan bisnis atau perusahaan Anda mampu dikenal baik dengan pelanggan dan mendapatkan keuntungan yang maksimal. Atau bahkan jika Anda memiliki UKM, belajar digital marketing merupakan hal yang sangat fundamental jika bisnis Anda ingin berkembang lebih cepat.


Dalam dunia digital marketing atau pemasaran digital ini, ada beberapa hal perlu Anda ketahui. Nah, berikut ini adalah beberapa channel yang digunakan di dalam implementasi digital marketing.


Search Engine Optimization (SEO)

SEO atau Search Engine Optimization selalu digunakan perusahaan agar mudah ditemukan oleh pelanggan. Singkatnya, SEO ialah upaya agar website perusahaan berada di halaman pertama di mesin pencari google berdasarkan kata kunci atau keyword yang Anda target.


Search Engine Marketing (SEM)

SEM atau Search Engine Marketing adalah teknik pemasaran berbayar agar lebih cepat untuk berada di posisi teratas pencarian Google. Keberadaan SEM dapat ditandai dengan adanya tulisan ‘Ad’ dalam halaman pencarian Google.


Social Media Marketing

Teknik pemasaran media sosial digunakan untuk meningkatkan komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan. Dalam tipe digital marketing ini, terdapat beberapa platform yang mendukung, seperti Instagram, Linkedin, Facebook, Twitter, dan lainnya. Penggunaan media sosial ini paling banyak digemari karena tidak terlalu membutuhkan biaya yang besar.


Social Media Ads

Social media ads adalah kegiatan digital marketing berbayar dengan menggunakan media sosial, seperti Facebook Ad, Instagram Ad, Linkedin Ad, Tiktok, dan lain sebagainya.


Content Marketing

Content Marketing (Konten Marketing) merupakan seni penjualan dengan memanfaatkan konten digital. Sehingga konsumen tidak merasa bahwa perusahaan sedang melakukan promosi. Penyampaian marketing content dilakukan dengan cara yang unik, menghibur, menarik, dan dikemas dalam bentuk artikel, foto, video, dan lain sebagainya. Konten konten marketing tersebut didistribusikan melalui mesin pencari, website, media sosial, atau lain sebagainya.


Email Marketing

Email Marketing adalah implementasi digital marketing untuk mempertahankan pelanggan melalui surel agar selalu loyal pada produk dan jasa yang disediakan oleh perusahaan. Langkah kerja email marketing adalah dengan selalu memberikan informasi terbaru melalui surat elektronik mengenai promosi, produk, dan jasa yang diberikan oleh perusahaan.


Youtube (video) Marketing

Teknik digital marketing ini biasanya dilakukan melalui media digital Youtube. Pemasaran jenis ini dapat dilakukan digital marketer atau pun perusahaan untuk memasarkan produknya. Jadi siapa pun bisa memasang iklan di Youtube. Pemasaran secara online yang dilakukan melalui Youtube ini memiliki dua jenis, yaitu video hard-selling dan soft-selling.


Native Advertising

Native advertising adalah model iklan banner secara online yang menyesuaikan dengan media digital yang menjadi placement-nya. Tipe native advertising, diantaranya adalah Native Ad unit, Sponsored Content, dan Programmatic Native Ad,.


Mobile Advertising

Mobile advertising bisa diartikan sebagai periklanan dengan menggunakan perangkat seluler smartphone. Beberapa jenis Mobile Advertising yang paling sering digunakan yaitu Mobile App Banner, Interstitial page, Pop Ads (Under), dan lain sebagainya. Mungkin ada beberapa dari Anda yang sering menemukan iklan banner di dalam aplikasi smartphone yang sedang Anda gunakan? Nah, itulah salah satu contoh aktivitas pemasaran menggunakan teknik mobile advertising.


Programmatic Ads

Programmatic ads adalah mesin algoritma yang digunakan untuk menampilkan iklan di hampir semua media, terutama media digital website. Bedanya Programmatic Ads dengan Display Ads adalah, jika Ad Network hanya memiliki beberapa publisher Display Ads tertentu, Programmatic Ads bisa menjangkau hampir seluruh publisher yang dimiliki oleh banyak Ad Network. Tugas utama Programmatic Ads adalah untuk merencanakan, mengoptimalkan, dan menargetkan pemasaran online secara baik, tertarget, dengan hasil yang lebih maksimal.


Pay Per Click (PPC)

Pay per click (PPC) adalah salah satu jenis channel pemasaran digital yang berbayar. Walaupun perlu mengeluarkan uang, PPC ini merupakan model periklanan yang paling ampuh untuk meningkatkan traffic website Anda atau perusahaan secara instan.


Ya, Google Ads dan Facebook Ads memang sebenarnya bisa dikategorikan sebagai PPC. Namun, jika Anda sedang membaca artikel dan menemukan iklan banner di tengah-tengah bacaan Anda, maka iklan tersebut juga dikategorikan sebagai PPC.


Jadi PPC atau Pay Per Click ini merupakan cakupan luas dari metode iklan yang besaran biaya iklannya tergantung dari jumlah click yang dilakukan pengunjung. Alasan penggunaan PPC untuk optimasi website Anda atau perusahaan adalah:


1. Anda mampu mendapatkan target customer dengan lebih cepat,

2. Biaya pengeluaran untuk pemasangan iklan dapat dikontrol,

3. Return On Investment (ROI) dapat dipastikan meningkat, dan

4. Channel digital marketing ini memiliki pengaruh tidak langsung yang sangat baik untuk campaign SEO yang dilakukan terpisah.


Channel Paling Cocok Digunakan untuk Usaha dan Bisnis

Nah, pasti Anda bertanya-tanya manakah channel digital marketing yang paling baik untuk Anda gunakan? Semua channel digital marketing memiliki keunggulannya masing-masing.

Untuk Channel Digital terbaik apa yang digunakan untuk industri pariwisata Akan Joana Bahas di Artikel Selanjutnya ya :) see ya travellers cantik dan pendaki cantik Indonesia




About Me

Joana Wenas - Founder Travellers Cantik Indonesia was born in Bekasi Indonesia in June 1990. She has been travelling 24 provinces Indonesia and 3 continent around the world

 

Read More

 

© 2020 Travellers Cantik Indonesia x Tourism Ministry Indonesia

Join My Mailing List
  • White Facebook Icon