Outbreak, New Normal, Post Normal, Early Euphora Apa sih itu? Penting Diketahui Pebisnis Jasa Wisata



Halo Pengusaha Bisnis pariwisata, kali ini Joana akan sharing mengenai hasil riset lagi dari Team MarkPlus mengenai 4 Trend yang harus diketahui pengusaha Bisnis jasa wisata agar bisa mempersiapkan strategi yang bagus untuk mengelola bisnis wisata. Sebelumnya bisa dilihat Gambar di Bawah ini dimana semuanya dimulai dari Outbreak, New Normal, Post Normal, dan Early Euphoria stage yang kita nantikan.



Fase Outbreak

Fase ini adalah awal - awal diumumkannya adanya Virus Corona pada suatu area, masyarakat mendapatkan larangan untuk berpergian dan arahan - arahan lain seperti bekerja dirumah, beribadah dirumah, dan bekerja dirumah. Semua kegiatan dilakukan secara virtual, mulai dari meeting dengan client, Usaha wisata ditutup, dan perjalanan wisata diganti dengan jalan - jalan virtual. Saat ini kita masih dimasa outbreak. Karena pembatasan - pembatasan ini masih ada.



New Normal

Pada fase ini sudah ada orang yang melakukan traveling atau jalan - jalan dengan motif balas dendam jalan - jalan karena stay at home, Perjalanan karena bisnis, dan kebanyakan memang di dominasi Wisatawan Domestik.


Apakah Cuma sekedar Teori ? contoh di china setelah masa lock down dibuka ada satu titik wisata di serbu 20.000 turis, benar - benar balas dendam ya jalan - jalannya. Jadi bersiap bagi para pengusaha wisata untuk membuat protokol keamanan pengunjung [Baca Artikel Tipe Wisatawan] yang bisa digunakan sebagai adaptasi strategi bisnis pariwisata anda.


Ini pembagian market yang lebih baik kalian fokuskan di Fase New Normal [Baca Profile Wisatawan] Untuk pembahasan detil gambar diatas.



POST NORMAL

Fase Post Normal ditandai dengan banyaknya Wisatawan pintar yang memperhatikan Kualitas Pariwisata. Apakah Stake holders saat ini sering mendengar seperti era Mentri Pariwisata sebelum Pak Wisnu Tama? dimana sering ditayangkannya target wisatawan Domestik 270jt wisatawan dan mancanegara 20jt wisatawan? Sudah jarang bukan, karena di era ini Kementrian Pariwisata fokus pada Kualitas pariwisata dengan indikator basket size nya bukan jumlah kuantitas orangnya. Jadi Mulai bangun pariwisata yang berkualitas.

Ingin mengatahui kenapa wisatawan memilih pariwisata yang berkualitas [Baca 3 Langkah Usaha Siap menghadapi New Normal] dapat anda gunakan strategi mengembangkan wisatawan usaha anda



Early Euphoria

Pada fase ini ditandai dengan meningkatkan booking permintaan Pariwisata mahal seperti cruise dan diperkirakan di tahun 2021 baru akan bergeliat. Memang terlalu cepat membuat teori ini namun bagaimanapun juga ini hasil riset dari real wisatawan. Walaupun kondisi memang belum membaik namun potensi wisata akan tetap ada, yang tepenting disini adalah Bapak - Ibu menyiapkan strategi Marathon bukan strategi bulanan, mau seperti apa tren nya siapkan strategi pengembangan wisatawan untuk jangka panjang.


Jadi itu dia informasi yang bisa anda gunakan juga untuk mengembangkan strategi bisnis pariwisata yang anda kelola. Semoga bermanfaat dan menjelang hari raya Idul Fitri, saya Joana wenas dan team Travellers Cantik mengucapkan selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin. Semoga Bapak - Ibu semua dalam keadaan baik dan sehat, salam untuk keluarga!


Informasi Data : Materi Webinar Markplus Tourism



About Me

Joana Wenas - Founder Travellers Cantik Indonesia was born in Bekasi Indonesia in June 1990. She has been travelling 24 provinces Indonesia and 3 continent around the world

 

Read More

 

© 2020 Travellers Cantik Indonesia x Tourism Ministry Indonesia

Join My Mailing List
  • White Facebook Icon