Gunung Indonesia Untuk Pendaki Pemula



Rekomendasi Gunung Indonesia yang bisa dijadikan pendakian pertama oleh para pendaki pemula, pendaki senior, dan juga pendaki Cantik Indonesia.


Saat film berjudul 5cm populer, makin dikenallah kegiatan mendaki gunung. Kisah lima sahabat itu membuat Gunung Semeru digemari, bahkan memicu wisata pendakian gunung. Kegiatan olahraga ini populer di kalangan remaja dan pekerja, yang memilih wisata alam untuk keluar dari rutinitas.


Instagram : @sheilanadhifa

Wisata pendakian gunung memerlukan persiapan fisik dan mental, juga pengetahuan hidup di alam bebas. Perihal perlengkapan, saat ini banyak merek dan toko alat-alat maupun fashion untuk mendaki gunung. Semuanya diproduksi dengan mempertimbangkan kenyamanan dan cuaca di pegunungan.


Lalu bagaimana dengan pendaki cantik ? Tentu banyak alternatif untuk memulai. Indonesia merupakan negeri dengan ribuan gunung. Berikut destinasi wisata pendakian gunung yang pas untuk pemula atau para pendaki cantik, dinukil dari Bisnis.com.


Gunung Nglanggeran atau Gunung Purba

Terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Gunung Api Purba Nglanggeran hanya memiliki ketinggian 700 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pendakiannya tidak terlalu berat, cukup dengan waktu 1-2 jam kalian bisa mencapai puncak gunung ini.



Gunung ini memiliki dua puncak terpisah, yakni Puncak Barat dan Puncak Timur. Rata-rata pendaki memilih camping di Puncak Barat, karena aksesnya lebih mudah. Namun, bagi yang ingin puas menyaksikan sunrise, bisa bermalam di Puncak Timur.


Gunung Penanggungan

Terletak di antara Kabupaten Mojokerto (sisi barat) dan Kabupaten Pasuruan (sisi timur) serta berjarak kurang lebih 55 km sebelah selatan kota Surabaya. Gunung Penanggungan memiliki ketinggian 1.653 mdpl.



Pananggungan merupakan gunung kecil yang berada pada satu kluster dengan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang. Meskipun kecil, gunung ini sangat unik karena mulai dari kaki sampai mendekati puncak, dipenuhi banyak situs kepurbakalaan yang dibangun pada periode Hindu-Buddha dalam sejarah Indonesia. Jadi karna masih di pulau Jawa dan akses nya tidak terlalu sulit ini bisa menjadi refrensi bagi Traveler dan Pendaki Cantik.


Gunung Batur

Gunung api yang masih aktif ini terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Ketinggiannya mencapai 1.717 mdpl dan cukup memakan waktu 2,5 jam untuk pendakian.

Walaupun tergolong pendek, Gunung Batur dikenal sebagai salah satu gunung di Indonesia yang memiliki kaldera terluas. Gunung ini juga menyuguhkan keindahan Danau Batur berlatarbelakang Gunung Abang dan Gunung Rinjani.




Gunung Andong

Gunung yang memiliki ketinggian 1.726 mdpl ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Pendakiannya memakan waktu 1,5 sampai 2 jam. Gunung Andong  memiliki empat puncak. Dari puncak, pendaki dapat melihat Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Telomoyo, perbukitan yang membentang serta panorama Kota Magelang.



Di dekat Gunung andong ni juga terdapat tempat wisata. Dimana Joana masukkan ke Rekomendasi Ide Traveling Setelah Pandemi Covid Mereda [Klik Disini]


Gunung Papandayan

Belum sah rasanya untuk menjadi pendaki ketika belum mencicipi Gunung Papandayan. Terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, gunung ini memiliki ketinggian 2.265 mdpl. Gunung yang menjadi favorit karena ramah bagi para pendaki ini memiliki Padang Edelweis nan molek yang bisa dilihat di antara Pondok Saladah dan Hutan Mati. Cukup 2-3 jam untuk mencapai perkemahan di Pondok Saladah.


Jadi di atas beberapa Gunung di Indonesia yang bisa traveler dan pendaki cantik gunakan sebaga refrensi untuk pendakian pertama. Memang tabu menulis artikel ini dikala pandemi masih mendunia, namun apa salahnya gunakan informasi traveling ini sebagai ide traveling atau naik gunung bagi kalian pendaki pemula, pendaki senior dan pendaki cantik Indonesia


Salam Thoughtful Indonesia

-Joana




About Me

Joana Wenas - Founder Travellers Cantik Indonesia was born in Bekasi Indonesia in June 1990. She has been travelling 24 provinces Indonesia and 3 continent around the world

 

Read More

 

© 2020 Travellers Cantik Indonesia x Tourism Ministry Indonesia

Join My Mailing List
  • White Facebook Icon