Cara Pintar Membangun Brand di Instagram Untuk Pengusaha Bidang Jasa Wisata

Travellers Cantik sejauh ini sudah membantu beberapa titik wisata untuk berkembang melalui strategi digital dan salah satu channel yang paling efektif adalah instagra. Disini Travellers Cantik Akan sharing tetang cara mengembangkan Usaha melalui instagram, namun sebelumnya kita bahas fundamentalnya ya!


Dalam mengembangkan sebuah bisnis, perlu melakukan berbagai cara dan memenuhi komponennya. Salah satu cara membangun sebuah bisnis yang sedang dirintis adalah membesarkan brand usaha tersebut.



Apakah kamu tau esensi brand atau merk? Sejauh ini dalam bekerja secara profesional di Traveloka dan Gojek Indonesia, selalu ada posisi brand manager yang membawa produk itu kemana dalam 5 sampai 10 tahun kedepan dan taktikal strategi setiap hari. Brand sangat berperan penting terhadap pertumbuhan dan harga produk yang dijual. Semakin dikenal brand usaha yang kamu miliki, maka semakin tinggi nilai perusahaan dan produk yang kamu tawarkan. Membangun brand sebuah usaha sama sulitnya seperti merintis sebuah bisnis. Berbagai teknik dan strategi perlu diterapkan, agar brand perusahaan diketahui masyarakat luas, disenangi dan memiliki citra yang positif. Harga jual suatu jasa atau barang, bukan hanya berdasarkan dari kualitasnya.


Namun, tingginya penilaian masyarakat terhadap perusahaan dan produk tersebut ikut menambah nilai jual. Hal ini dibuktikan oleh perusahaan Adidas, perusahaan yang menjual sepatu dengan harga sangat mahal. Walau pun harga jualnya tinggi, masyarakat yang mampu terus membeli dan menjadikan brand Adidas sebagai gaya hidup. Selain kualitas sepatunya yang baik, Adidas memiliki nilai tinggi terhadap brand yang ia buat. Sehingga, orang-orang akan terlihat mewah, keren dan tampan jika memakai produknya. Begitu juga dengan brand-brand ternama di bidang smartphone.


Saat dihadapkan dua pilihan, kamu lebih membeli OPPO dengan harga yang mahal atau MIPO yang harganya murah dan keduanya memiliki spesifikasi yang sama. Tentu sebagian besar masyarakat akan membeli OPPO karena brand tersebut sudah dikenal, sehingga masyarakat percaya semua produk dari brand OPPO sangatlah bagus daripada MIPO.


Melihat studi kasus dari beberapa contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa brand sangat penting dalam sebuah bisnis. Apakah brand juga penting di bisnis online? Tentunya, bahkan lebih penting lagi. Bisnis online merupakan usaha yang memiliki tantangan sulit untuk membuat calon pembeli percaya akan produk yang perusahaan jual. Oleh karena itu, seluruh pebisnis online berlomba-lomba membangun brand agar dilirik pengguna internet. Salah satu usaha membangun brand online yaitu melalui media sosial seperti instagram.


Bagaimana cara cerdas membangun brand di Instagram? Yuk lihat 3 cara cerdasnya sebagai berikut!


Fokus dalam Memberi Nilai Secara Gratis

Berikan apapun yang bisa diberikan pada akun Instagram kamu. Berikan hal-hal itu secara gratis, mulai dari isi konten, bonus berupa ebook, giveaway produk dan lain sebagainya. Berikan itu secara cuma-cuma agar pengikut kamu respect terhadap apa yang akun Instagram kamu unggah. Hal sederhana, berikan informasi ekseklusif secara gratis melalui setiap konten yang kamu bagikan di instagram.


Konsisten Setiap Hari

Menciptakan konten yang menarik dan bagus itu sangat mudah, hal yang sulit adalah bagaimana menjaga konten tersebut secara konsisten. Nah, pengguna akun Instagram akan mengenal produk atau perusahaan kamu, jika akun instagram kamu selalu konsisten memberikan informasi seputar suatu hal.

Di atas adalah back end instagram Travellers cantik, dimana Joana kemarin melakukan eksperimen untuk tidak melakukan upload selama 1 minggu sampai di hari kamis tanggal 28 melakukan upload foto dan bisa kita lihat account reach langsung meningkat menjadi 15rb. Dengan rata - rata sebenarnya ada reach sebanyak 25rb per day.


Intraksi Setiap Hari

Suatu perusahaan dapat dikatakan memiliki brand yang berhasil, jika banyak orang yang mengenal dan mengakui keberadaan perusahaan tersebut. Nah, dari pengertian itu dapat disimpulkan, bahwa brand berkaitan dengan orang lain yaitu pembeli maupun penikmat produk dari perusahaan tersebut. Lakukan intraksi di Instagram kamu setiap hari, kegiatan ini akan membangun citra positif pada perusahaan.Pengguna instagram yang berintraksi dengamu merasa dihargai dan menilai perusahaan yang kamu dirikan, penuh dengan orang yang ramah dan memiliki pelayanan yang baik. Selain itu, intraksi ini dapat memberikan komunikasi dua arah, artinya ada feedback yang bisa kamu dapatkan setelah berinteraksi. Cara sederhana berintraksi di Instagram adalah membalas komentar, membalas pesan ataupun menyukai postingan pengikutmu. Lakukan intraksi ini secara konsisten, sama halnya seperti mengunggah konten-konten di feed instagram.



Bagi kalian yang tertarik untuk beriklan di Instagram travellers cantik bisa klik - Paid promote travellers Cantik Iklan mulai dari Rp 99rb Bonus masuk website, Pinterest, dan storis instagram. Jadi itu Cara mengembangkan bisnis pariwisata melalui instagram semoga bermanfaat.



About Me

Joana Wenas - Founder Travellers Cantik Indonesia was born in Bekasi Indonesia in June 1990. She has been travelling 24 provinces Indonesia and 3 continent around the world

 

Read More

 

© 2020 Travellers Cantik Indonesia x Tourism Ministry Indonesia

Join My Mailing List
  • White Facebook Icon