Gili Laba Labuan Bajo – Sobat tiket sudah puas menjelajah Pulau Padar, Pulau Kanawa, dan Pulau Kelor di Labuan Bajo? Ternyata, tanah yang menjadi habitat asli hewan endemik Komodo ini masih punya destinasi wisata lainnya yang nggak kalah menarik, lho. Yap, Gili Laba jawabannya.

Pulau kecil yang juga dikenal dengan sebutan Gili Lawa ini masih berada di kawasan Taman Nasional Komodo. Spot paling ikonik dari tempat ini adalah adanya dua pulau yang mengapit perairan menyerupai selat di tengahnya. Keren banget, yah?

Penasaran ada apa aja sih di Gili Laba? Aktivitas seru apa yang bisa sobat tiket temukan di sini? Kuy simak tips lengkap dari tiket.com berikut ini!

Baca juga:

Cara Menuju Gili Laba

gili laba labuan bajo

Gili Lawa dibagi menjadi dua wilayah, Gili Lawa Darat dan Gili Lawa Laut. Persisnya, Gili Lawa Darat ini berada di tengah-tengah Gili Lawa Laut dan Pulau Komodo. Untuk mencapai Gili Laba, sobat tiket bisa memilih untuk naik speedboat dari Labuan Bajo atau Pulau Komodo.

Nah, kalau sobat tiket dari Pulau Komodo, kamu hanya membutuhkan waktu satu jam untuk sampai di Gili Laba. Sedangkan dari Labuan Bajo, kamu akan memerlukan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan laut. 

Tenang aja, selama perjalanan, kamu pasti akan dibuat kagum sama keindahan Labuan Bajo, deh. Oh ya, sebelum itu, jangan lupa untuk pesan tiket pesawat ke Labuan Bajo di tiket.com terlebih dahulu ya, sobat tiket.

Harga tiket masuk: gratis*

Jam buka: 24 jam

Alamat: Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (buka di Google Maps)

Daya Tarik dan Aktivitas Seru di Gili Laba

Apa saja sih daya tarik yang dimiliki pulau eksotis yang didominasi perbukitan serta lautan biru yang luas ini? Temukan jawabannya di bawah ini!

1. Hiking ke Puncak Bukit Gili Laba

gili laba labuan bajo

Aktivitas utama yang nggak boleh kamu lewatkan saat berlibur ke Gili Laba adalah hiking. Karena didominasi oleh perbukitan dan savana yang luas, sayang banget rasanya kalau kamu melewatkan kesempatan emas ini.

gili laba labuan bajo

Nggak perlu lama-lama, cuma butuh waktu sekitar 40 menit untuk mencapai puncak bukit ini, lho. Walaupun terdengar sebentar, hati-hati ya, masih banyak jalur yang curam dan licin di sini, sehingga kamu memerlukan alas kaki yang tepat untuk melakukan pendakian.

Setelah sampai di puncak, segala tenaga yang terkuras untuk mendaki rasanya langsung terbayarkan dengan pemandangannya yang eksotis! Air laut berwarna biru toska, serta bukit savana yang membentang luas, indah banget dipandang mata! Bersyukur banget deh karena semua keindahan ini bisa disaksikan di negeri sendiri!

2. Menjelajah Padang Savana

Savana atau padang rumput yang luas memang mendominasi kawasan Gili Laba. Hal paling unik dari padang savana di sini adalah warnanya yang suka berubah-ubah, tergantung pada musim pada saat itu.

gili laba labuan bajo

Pada musim kemarau, rumput di savana ini akan mengering dan cenderung berwarna coklat. Sementara pada musim hujan, rumput tersebut akan berubah menjadi hijau. Nggak perlu khawatir, di musim apapun, padang savana ini akan tetap terlihat indah dan eksotis, kok.

Mengabadikan momen di padang savana ini pasti hasilnya akan maksimal, deh! Bahkan rasanya nggak perlu filter tambahan untuk mempercantik foto kamu di sini. Oh ya, jika beruntung, kamu juga bisa bertemu sekumpulan menjangan liar saat menjelajah Gili Laba, lho.

3. Menyaksikan Matahari Terbenam

gili laba labuan bajo

Dari sejuta pesona yang tersimpan di Gili Laba, kamu pasti akan makin terpukau dengan pulau kecil ini setelah melihat keindahan matahari terbenam dari atas bukit yang membelah lautan.

gili laba labuan bajo

Suasana tenang, langit yang perlahan berubah warna dengan sentuhan merah muda dan jingga, serta suara kicauan burung yang merdu pasti bakal bikin sobat tiket susah move on dari pesona Gili Laba ini. Rasanya rileks banget!

4. Pesona Pantai Gili Laba

gili laba labuan bajo

Selain terkenal dengan aktivitas hiking dan pesona bukit savananya, sobat tiket juga bisa menikmati keindahan pantai Gili Laba, lho. Memang nggak salah ya, perpaduan antara pesona dataran tinggi dan laut di sini patut diacungkan jempol.

Bersantai di tepi pantai sambil bermain pasir bisa jadi hal sederhana yang menyenangkan untuk dilakukan di sini. Ingin bermain air atau snorkeling? Bisa banget! Gili Laba juga punya terumbu karang dan pesona bawah laut yang cantik untuk kamu saksikan. Pokoknya, dijamin puas deh menjelajah Gili Laba seharian!

Tips Berlibur ke Gili Laba

Dikarenakan banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Gili Laba, tentunya sobat tiket juga harus memperhatikan beberapa tips berlibur ke sini agar liburan tetap nyaman dan menyenangkan.

1. Memakai Sepatu yang Tepat untuk Hiking

Sobat tiket harus ekstra hati-hati saat melakukan pendakian, karena beberapa jalur masih ada yang licin dan terjal, jadi kamu harus memakai sepatu yang tepat ya.

2. Siapkan Stamina yang Cukup

Kegiatan pendakian tentunya memerlukan tenaga ekstra nih, sobat tiket. Jadi, ada baiknya agar kamu menyiapkan stamina terlebih dahulu agar kuat melakukan pendakian hingga ke puncak bukit.

3. Membawa Air Minum dan Perbekalan Pribadi

Fyi, masih belum ada penjual makanan dan minuman di Gili Laba, lho. Supaya kamu tidak kehausan atau kelaparan saat berpetualang di sini, bawa air minum dan juga bekal yang cukup, ya, sobat tiket.

4. Menggunakan Sunscreen

Pasti sobat tiket tahu dong cuaca di tengah laut panasnya seperti apa? Biar kulit kamu tetap terjaga, jangan lupa gunakan produk tabir surya untuk melindungi kulitmu selama berlibur di Gili Laba, ya!

5. Membawa Kamera

Jangan sampai menyesal karena kamu lupa mendokumentasikan keseruan menjelajah Gili Laba ya, sobat tiket. Apalagi, jika sobat tiket punya kamera bawah air. Pokoknya, keindahan alam bukit dan laut di sini benar-benar patut diabadikan, deh!

6. Datang Saat Musim Kemarau

Untuk sobat tiket yang ingin melakukan pendakian, ada baiknya kalau kamu datang pada saat musim kemarau. Selain nggak perlu takut hujan di tengah perjalanan, jalur pendakian juga cenderung lebih aman dan tidak licin di musim panas.

Setelah mengikuti tips-tips di atas, pasti liburan kamu ke Gili Laba akan semakin tak terlupakan. Seru banget, yah?

Jadikan Gili Laba Destinasimu Selanjutnya di Labuan Bajo

Nah, setelah mengetahui berbagai aktivitas seru dan daya tarik Gili Laba secara mendalam, jangan lupa tambahkan Gili Laba ke dalam itinerary liburanmu di Labuan Bajo selanjutnya ya, sobat tiket!

Kalau kamu belum pernah ke Labuan Bajo sebelumnya, cek dulu kuy panduan dan tips lengkap ke Labuan Bajo ini. Waktunya realisasikan liburanmu ke Labuan Bajo bareng tiket.com!

mau ke mana? semua ada tiketnya!

*Informasi valid saat artikel ini ditulis. Harga dan ketentuan lainnya dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola.



Informasi Wisata Borobudur dan Wisata Magelang, temukan informasi restoran dan cafe dekat candi Borobudur di Travelling Borobudur. Gudang informasi tempat nongkrong di Borobudur dan wisata keluarga dekat Candi Borobudur

Sumber :

blog.tiket.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here