Air Terjun di Lombok – Lombok adalah sebuah pulau di Nusa Tenggara Barat yang terkenal akan keindahan wisata baharinya. Surga tersembunyi ini menjadi destinasi favorit bagi para pelancong yang menginginkan bersantai di pantai yang tenang.

Bosan dengan wisata bahari di Lombok? Kamu bisa coba eksplorasi wisata alam lain nih, salah satunya adalah air terjun! Jangan salah, biarpun air terjun bukan wisata primadona di Lombok, tapi air terjun di sini bisa bikin kamu berdecak kagum lho! Penasaran ada di mana aja?

Baca juga:

Eksplorasi Air Terjun di Tengah Hutan Lombok, Serasa Ada di Dunia Lain!

Ketika melihat air terjun di bawah ini, pasti kamu jadi pengin buru-buru ke Lombok dan merasakan langsung kesejukannya. Simak daftar di bawah ini ya!

1. Sendang Gile, Pesona Air Terjun 2 Tingkat di Kaki Gunung Rinjani

Destinasi air terjun pertama yang bisa sobat tiket kunjungi adalah Air Terjun Sendang Gile. Lokasinya berada di bawah kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Senaru. Air terjun ini sering dijadikan destinasi pemanasan para pendaki sebelum naik ke Gunung Rinjani.

Air Terjun Sendang Gile ini terdiri dari 2 tingkat. Yang bikin pemandangan semakin cantik, air terjun ini dihiasi dengan tanaman merambat pada sekelilingnya. Serasa lagi di hutan peri, sobat tiket!

Trek untuk menuju ke sini mudah lho, tinggal berjalan kaki menuruni anak tangga yang sudah dimodifikasi sekitar 15 menit dan voila! Kamu sudah bisa merasakan kesejukan air di kolam air terjun, hingga bersantai menikmati pemandangan sambil menyantap camilan ringan di warung. 

Harga: Rp10.000/orang (tiket berlaku untuk masuk ke Air Terjun Sendan Gile dan Tiu Kelep)*

Jam & hari buka: setiap hari, pukul 08.00-17.00 WITA (kecuali Selasa, pukul 08.00-15.00 WITA)

Alamat: Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Bar. 83354 (Cek di Google Maps)

2. Mencari Ketenangan di Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep masih terletak satu lokasi dan satu aliran air dengan Air Terjun Sendang Gile. Dari Sendang Gile, kamu bisa melanjutkan trekking sekitar 30-45 menit dengan medan tanah dan bebatuan yang menanjak.

Rasa lelahmu akan terbayarkan begitu sampai di lokasi, karena kamu akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun cantik dengan deburan air yang deras. Karena lokasinya yang lebih jauh dengan trek lebih menantang, lokasi ini cenderung lebih sepi lho.

Jangan lewatkan untuk bermain air sejuk di kolam air terjun. Seru dan menyegarkan banget pastinya, sobat tiket! Kalau beruntung, kamu bisa melihat pelangi di bawah air terjun lho, saat matahari sedang terik. Buru-buru jepret momen langka ini ya, sobat tiket!

Harga: Rp10.000/orang (tiket berlaku untuk masuk ke Air Terjun Sendan Gile dan Tiu Kelep)*

Jam & hari buka: setiap hari, pukul 08.00-17.00 WITA (kecuali Selasa, pukul 08.00-15.00 WITA)

Alamat: Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Bar. 83354 (Cek di Google Maps)

3. Benang Kelambu, Air Terjun Bertingkat yang Menawan

Ini dia salah satu air terjun yang wajib masuk bucket list-mu saat berada di Lombok: Air Terjun Benang Kelambu! Di sini, kamu dapat melihat aliran air terjun tipis berbentuk seperti tirai yang menerobos dedaunan, indah banget deh pokoknya!

Air terjun ini bersumber dari hutan yang berada di kaki Gunung Rinjani. Untuk menuju ke sini, kamu harus menuruni ratusan tingkat anak tangga dan melewati hutan perkebunan milik warga sekitar 20 menit hingga akhirnya sampai di Air Terjun Benang Kelambu.

must-visit destinations in Lombok

Kamu dapat menikmati segarnya air dari balik tirai air, atau mencoba berenang di kolam penampungan air yang tersedia bagi orang dewasa maupun anak kecil. Pastinya, berenang dengan pemandangan seperti ini akan menjadi momen tak terlupakan deh!

Harga: mulai dari Rp10.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, pukul 07.00 – 18.00 WITA.

Alamat: Aik Berik, Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83552 (Cek di Google Maps)

4. Melihat “Gumpalan Benang” di Air Terjun Benang Stokel

Lokasi air terjun yang satu ini masih berdekatan dengan Air Terjun Benang Kelambu. Namanya, Benang Stokel, yang artinya “segumpal benang”.

Untuk menuju ke sini, kamu harus menuruni puluhan anak tangga. Begitu tiba di lokasi wisata ini, kamu akan disambut pemandangan 2 air terjun cantik setinggi kurang lebih 30 meter yang dikelilingi dengan tumbuhan merambat. 

Sobat tiket dapat bermain air atau berendam pada kolam di bawah air terjun. Menurut mitos yang beredar, berendam di air terjun ini dapat mempercantik kulit hingga mengatasi masalah rambut rontok lho! Gimana, tertarik untuk datang ke sini?

Harga: Rp3.000/wisatawan domestik* | Rp10.000/wisatawan mancanegara*

Jam & hari buka: setiap hari, pukul 07.00 – 18.00 WITA.

Alamat: Aik Berik, Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83552 (Cek di Google Maps)

5. Keindahan Air Terjun Hijau Toska di Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti memiliki aliran air langsung dari Kokoq Puteq, dari Danau Segara Anak di Gunung Rinjani. Air terjun ini unik banget, sebab warnanya berwarna hijau toska akibat adanya kandungan belerang lho!

Di sini, sobat tiket bisa berlama-lama bermain air, hingga menjelajah alam di sekitar. Pemandangan yang akan kamu dapatkan cantik banget. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang view bebatuan besar dengan aliran air deras di tengahnya. Cakep!

Sobat tiket perlu menempuh perjalanan trekking untuk sampai di sini. Kamu harus melewati jalur setapak dengan pemandangan pohon besar dan alang-alang pada beberapa bagian. Siap-siap bertualang, sobat tiket!

Harga: Rp10.000/orang*

Jam & hari buka: 24 jam

Alamat: Sajang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar. 83656 (Cek di Google Maps)

6. Air Terjun Tiu Pupus, Air Terjun Raksasa dari Akar Pohon!

Kalau kamu mau mencari air terjun yang belum sepopuler air terjun di atas, kamu bisa coba mampir ke Air Terjun Tiu Pupus. Uniknya, air terjun ini baru terlihat jelas keindahannya saat musim hujan, yaitu sekitar bulan September-Maret.

Tiu Pupus berasal dari Bahasa Sasak. ‘Tiu’ artinya kolam, sementara ‘Pupus’ berarti akar yang keluar dari pohon. Namanya ternyata memang mencerminkan pemandangan yang ada. Kamu akan melihat seolah-olah air terjun ini keluar dari akan pohon besar, lho!

Air terjun ini cukup tinggi lho, sekitar 50 meter. Di samping air terjun, terdapat tebing kecoklatan dengan tanaman merambat, dan di bawahnya ada genangan air membentuk kolam yang bisa jadi tempat berendam. Datang ke sini pastinya akan sangat menyejukkan, sobat tiket!

Harga: gratis*

Jam & hari buka: 24 jam

Alamat: Genggelang, Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Bar. 83353 (Cek di Google Maps)

7. Air Terjun Segenter, Berpetualang di Tengah Hutan Tropis Nuraksa

Kamu lagi mencari air terjun yang jauh dari perkotaan? Air Terjun Segenter bisa jadi pilihan. Sobat tiket akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun di tengah-tengah hutan tropis yang pastinya memanjakan mata, sobat tiket!

Di sini sobat tiket harus terlebih dahulu menjelajah ke dalam Taman Hutan Raya (Tahura) Nuraksa, melewati jalan setapak dengan view perkebunan dan pohon-pohon, baru kemudian kamu akan menemukan Air Terjun Segenter.

Setelah melewati perjalanan tersebut, kamu kemudian akan tiba di tempat peristirahatan tepi tebing terjal, yang bernama “Selfie Point”. Tentu saja, di sini spot terbaik untukmu mengambil foto dengan latar air terjun.

Kamu pun bisa berendam di kolam bawah air terjun lho. Tapi, kamu perlu sedikit menuruni anak tangga yang akan membawamu langsung kepada kolam Air Terjun Segenter. Sudah jauh-jauh datang ke sini, tentunya sayang banget kan kalau nggak menikmati langsung kesegaran airnya?

Harga: Rp5.000/orang*

Jam & hari buka: 24 jam

Alamat: Lebah Sempage, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Bar. 83552 (Cek di Google Maps)

Ayo, Kunjungi Air Terjun Menakjubkan di Lombok!

Nah, itu dia rekomendasi air terjun kece yang bisa kamu kunjungi saat di Lombok. Tentunya, hari-hari liburanmu di Lombok bisa jadi lebih berwarna dan seru dengan mengunjungi air terjun ini.

Untuk memulai perjalananmu menjelajah air terjun, kamu dapat pesan tiket pesawat ke Lombok di tiket.com ya, teman terbaik perjalananmu.

mau ke mana? semua ada tiketnya!

*Informasi valid saat artikel ini ditulis. Harga dan ketentuan lainnya dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola.



Informasi Wisata Borobudur dan Wisata Magelang, temukan informasi restoran dan cafe dekat candi Borobudur di Travelling Borobudur. Gudang informasi tempat nongkrong di Borobudur dan wisata keluarga dekat Candi Borobudur

Sumber :

blog.tiket.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here