Halo, sobat tiket! Semoga kita dan semua orang yang kita sayangi dalam kondisi sehat, ya. Di saat seperti ini memang penting untuk mengetahui kondisi kesehatan kita, agar bisa melakukan tindakan preventif serta menjaga orang-orang terdekat dari risiko tertular.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan di tengah pandemi ini adalah dengan melakukan tes COVID-19. Tapi, ada beberapa hal yang perlu sobat tiket ketahui terlebih dahulu nih, sebelum melakukan tes. Kuy, simak infonya di bawah!

Kapan Sebaiknya Kita Melakukan Tes COVID-19?

Pertama-tama, mari kita ketahui siapa saja yang perlu melakukan tes COVID-19 dan kapan sebaiknya tes ini dilakukan. Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention), berikut adalah orang yang sebaiknya segera melakukan tes COVID-19.

  1. Orang-orang yang memiliki gejala COVID-19. Gejalanya meliputi:
    1. Demam dan menggigil
    2. Batuk
    3. Kesulitan bernapas
    4. Mudah lelah
    5. Nyeri otot
    6. Sakit kepala
    7. Kehilangan indra perasa dan penciuman
    8. Sakit tenggorokan
    9. Pilek
    10. Mual dan muntah
    11. Diare
  2. Orang yang kontak erat (sekitar 2 meter selama lebih dari 15 menit hingga 24 jam) dengan orang yang terkonfirmasi telah dipastikan positif.
  3. Orang yang belum divaksin dan melakukan aktivitas dengan kesulitan penerapan physical distancing seperti bepergian jauh, menghadiri acara besar, atau berada di ruang yang penuh dengan orang dan kurang ventilasi.

Sekiranya jika kamu memenuhi kriteria di atas, maka sebaiknya kamu melakukan tes COVID-19 meskipun telah divaksin. Selain itu, kamu juga perlu menjaga jarak dengan orang lain selama menunggu hasil dan mengikuti saran dari tenaga medis yang disampaikan saat melakukan tes.

Di Mana Saja Kita Bisa Melakukan Tes COVID-19?

Saat ini sudah banyak sekali tempat dan instansi yang menyediakan layanan tes COVID-19. Kamu bisa memilih yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal agar tak perlu bepergian jauh. Langsung aja klik link berikut ini dan jangan lupa untuk sesuaikan lokasi yang dekat rumah, ya!

Pesan tes COVID-19 di tiket.com

Lalu Apa Bedanya Rapid Test, PCR, dan Sebagainya?

Beberapa dari sobat tiket mungkin masih ada yang belum mengetahui perbedaan dari setiap jenis tes COVID-19 yang tersedia. Berikut ini adalah penjelasannya dari masing-masing jenis tes yang perlu kamu ketahui.

1. Rapid Antibodi (Rapid Test)

Hasil tes: 10-15 menit

Sampel: darah yang diambil dari ujung jari atau pembuluh darah

Harga: Rp85.000-Rp150.000

2. Rapid Antigen (Swab Antigen)

Hasil tes: 15-30 menit

Sampel: swab bagian dalam hidung dan tenggorokan

Harga: Rp105.000-Rp250.000

3. GeNose C19

Hasil tes: 15-30 menit

Sampel: embusan napas dari mulut

Harga: Rp30.000-Rp40.000

4. PCR (Swab PCR)

Hasil tes: 1-2 hari

Sampel: sampel lendir di hidung dan tenggorokan, darah, urine atau cairan serebrospinal

Harga: hingga Rp900.000

5. RT-PCR (Reverse-Transcriptase Polymerase Chain Reaction)

Hasil tes: 2-3 hari

Sampel: spesimen saluran pernapasan (swab hidung, tenggorokan, dahak dll)

Harga: hingga Rp900.000

6. RT-LAMP

Hasil tes: 1-2 jam

Sampel: serum, urine, saliva, swab nasofaring, dan swab orofaring

Harga: sekitar Rp450.000

7. TCM (Tes Cepat Molekuler)

Hasil tes: 1-3 hari

Sampel: swab pangkal hidung dan tenggorokan

Harga: sekitar Rp1.299.000

8. Serologi Antibodi

Hasil tes: 1-2 jam

Sampel: darah di pembuluh darah

Harga: Rp99.000-Rp199.000

*Informasi valid saat artikel ini ditulis. Harga dan ketentuan lainnya dapat berubah sewaktu-waktu.

Tips Lakukan Tes COVID-19 dengan Aman dan Nyaman

Buat kamu yang ingin melakukan tes COVID-19 dengan lebih aman dan nyaman, jangan lupa untuk instal aplikasi tiket.com di smartphone kesayanganmu. Karena di tiket.com, kamu bisa gunakan layanan yang kece seperti di bawah ini.

Tes di Rumah

Masih ragu keluar rumah untuk melakukan tes COVID-19? Tenang! Di tiket.com kamu bisa pesan layanan tes di mana petugas medis yang akan datang ke rumah kamu. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi kontak dengan orang lain dan nggak perlu antri!

Pesan Tes COVID-19 di Rumah di tiket.com

Tes dengan Hasil di Hari yang Sama

Kadang emang kita butuh kepastian secara cepat. Nah, kalau kamu ingin mengetahui hasil tes COVID-19 dengan cepat, kamu bisa pilih layanan yang memberikan hasil di hari yang sama alias same day.

Pesan Tes COVID-19 dengan Hasil di Hari yang Sama di tiket.com

Tes Secara Drive Thru

Masih ada lagi cara yang praktis untuk melakukan tes COVID-19 ini. Dengan pesan tes yang dilakukan secara drive thru, kamu bisa merasa semakin aman dan nyaman karena tak perlu turun dari mobil dan bisa tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik.

Pesan Tes COVID-19 Drive Thru di tiket.com

Tes untuk Kebutuhan Perjalanan Udara

Ini nih, sobat tiket harus tahu. Untuk naik pesawat selama masa PPKM Darurat, selain sertifikat vaksin kamu juga harus menunjukkan hasil negatif tes PCR dari lab yang dilengkapi QR/barcode. Jangan salah pilih, ya!

Pesan Tes COVID-19 untuk Naik Pesawat di tiket.com

Mari Tetap Maksimalkan Usaha untuk Mencegah Penularan

Pandemi COVID-19 belum berakhir, sobat tiket. Tapi kamu nggak perlu terlalu khawatir, karena kekhawatiran yang berlebih juga nggak bagus untuk kesehatan tubuh kita. Pastinya kita juga harus melakukan usaha maksimal untuk mencegah penyebaran virus ini.

Jangan lupa menerapkan protokol kesehatan di mana saja kamu berada, menjaga kebersihan tubuh, makan makanan penuh nutrisi, jalani pola hidup sehat, vaksinasi untuk perlindungan ekstra, dan yang pasti jangan lupa untuk tersenyum. Kita pasti bisa melalui ini semua!



Informasi Wisata Borobudur dan Wisata Magelang, temukan informasi restoran dan cafe dekat candi Borobudur di Travelling Borobudur. Gudang informasi tempat nongkrong di Borobudur dan wisata keluarga dekat Candi Borobudur

Sumber :

blog.tiket.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here