Updated 30 Maret 2021

Pemerintah Indonesia telah menetapkan bahwa PPKM mikro akan diperpanjang hingga 5 April 2021.  Selain itu juga, Pemerintah turut memperluas penerapan PPKM mikro ke 15 provinsi, diantaranya adalah Pulau Jawa, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Berikut rangkaian aturan dari PPKM skala mikro :

  • Saat PPKM mikro, akan dibentuk posko penanganan COVID-19 di desa dan kelurahan
  • Pembatasan kegiatan di perkantoran adalah 50% work from office dan 50% work from home, lebih longgar dari sebelumnya 25% work from office dan 75% work from home.
  • Jam operasional restoran dan pusat perbelanjaan dilonggarkan hingga pukul 21.00 WIB dari sebelumnya pukul 20.00 WIB.
  • Sektor esensial dan kegiatan konstruksi beroperasi 100% dengan protokol kesehatan.
  • Pembatasan pada restoran, tempat ibadah, fasilitas umum sebesar maksimal 50% dengan protokol kesehatan.
  • Transportasi umum dibuka dengan mengikuti kondisi wilayah pengaturan kapasitas dan jam operasional.

Nah, simak ulasan tiket.com berikut ini ya, sobat tiket. Mengenai Do’s & Don’ts yang ditetapkan pemerintah selama masa PPKM mikro ini. Let’s check it out!

Baca juga:

Kegiatan yang Dilarang dan Diperbolehkan Selama PPKM Mikro

Berikut ini adalah beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama masa PPKM mikro mulai diberlakukan. Ayo, sobat tiket, kita bantu pemerintah untuk mengurangi angka kasus COVID-19 dengan tetap di rumah, tetap sehat, dan patuhi peraturan yang telah ditetapkan seperti berikut ini.

Kegiatan yang dilarang untuk dilakukan selama masa PPKM mikro diberlakukan:

Di bawah ini adalah list kegiatan yang dilarang untuk dilakukan oleh semua masyarakat Indonesia yang ada di Pulau Jawa-Bali dan 3 Provinsi selama masa PPKM mikro.

1. Kegiatan Belajar Mengajar Tatap Muka Ditiadakan

PSBB di Jakarta

Selama masa PPKM mikro ini diperpanjang, seluruh sekolah dan universitas masih belum diizinkan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah, dengan sistem online.

2. Aktivitas Perkantoran Dibatasi

PSBB di Jakarta

Perkantoran masih dibuka, namun ada pembatasan kapasitas karyawan yang hadir di kantor. Semua orang disarankan untuk bekerja dari rumah atau WFH. Perkantoran hanya diperbolehkan untuk menampung 50% kapasitas karyawan saja.

3. Kegiatan Sosial, Peribadatan, dan Fasilitas Umum Dibatasi

Selama PPKM mikro, sejumlah tempat akan dibatasi. Tempat peribadatan masih diperbolehkan untuk buka, namun dengan kapasitas 50% saja. Namun tempat beribadah di zona merah akan ditutup. Fasilitas umum juga mendapatkan izin untuk dibuka dengan kapasitas maksimal 50% dengan tetap menaati peraturan daerah setempat.

4. Pengguna Mobil Pribadi Dilarang Berkendara Tanpa Menggunakan Masker

Pengguna kendaraan pribadi seperti mobil atau motor wajib menggunakan masker.

5. Dilarang Makan dan Berkumpul di Kafe dan Restoran

Selama masa PPKM, kafe maupun restoran masih diperbolehkan untuk beroperasi dan makan di tempat. Hanya saja, kapasitas pengunjung dibatasi 50% saja. Namun untuk pembelian secara online maupun take away tetap diizinkan. Selain itu, jam buka pusat perbelanjaan juga akan dibatasi hingga pukul 21.00.

Kegiatan yang boleh dilakukan selama masa PPKM mikro diberlakukan:

Hal-hal di bawah ini tetap mendapatkan izin untuk dilakukan selama masa PPKM mikro, namun dengan protokol kesehatan yang ketat. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak aman, hingga menghindari keramaian.

1. Membeli Keperluan Makanan dan Minuman Secara Online

PSBB di Jakarta

Selama masa PPKM mikro, kurir ataupun jasa pengantar barang tetap diizinkan beroperasi kok, sobat tiket. Jadi, kamu bisa membeli keperluan kamu secara online. Seperti keperluan makanan dan juga minuman, atau keperluan rumah lainnya.

2. Membeli Keperluan Obat-Obatan

Meskipun sejumlah toko dibatasi pengoperasiannya, namun toko-toko penjual keperluan obat-obatan tetap diizinkan beroperasi kok. Jadi, kamu tetap bisa memenuhi keperluan obat-obatan yang kamu butuhkan selama masa PPKM mikro melalui apotek dan toko obat lainnya.

3. Work From Office Diizinkan untuk Sektor Esensial dan Kegiatan Konstruksi

Selama masa PPKM mikro, sektor esensial dan kegiatan konstruksi masih beroperasi 100%, dengan pengaturan jam operasional, kapasitas, serta menjaga protokol kesehatan dengan ketat.

4. Diperbolehkan Menggunakan Transportasi Umum

Penggunaan fasilitas transportasi umum diperbolehkan dengan mengikuti kondisi wilayah pengaturan kapasitas dan jam operasional. Namun, untuk menghindari banyaknya jumlah warga DKI yang berada di luar rumah, maka diberlakukan jam operasional dan kapasitas transportasi umum. Karena itu, lebih baik untuk tetap berada di rumah apabila tidak ada kepentingan keluar, sobat tiket!

Selama diberlakukan PPKM Mikro, pemerintah daerah juga akan memperkuat pelaksanaan 3T atau tindakan melakukan tes COVID-19 (testing), penelusuran dilakukan secara intensif di desa/kelurahan (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien COVID-19 (treatment).

Stay Safe, sobat tiket! 

Meskipun diberlakukan PPKM, tetapi kamu masih bisa menciptakan momen seru di rumah aja kok, sobat tiket. Staycation juga bisa menjadi alternatif terbaik untuk kamu yang ingin refreshing sejenak dari kejenuhan.

Kamu bisa Pesan kamar hotel di tiket.com, dan pilih fitur tiket CLEAN agar staycation makin aman dan nyaman.



Informasi Wisata Borobudur dan Wisata Magelang, temukan informasi restoran dan cafe dekat candi Borobudur di Travelling Borobudur. Gudang informasi tempat nongkrong di Borobudur dan wisata keluarga dekat Candi Borobudur

Sumber :

blog.tiket.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here