Hal Menarik di Wakatobi – Pernah mendengar tentang Wakatobi, sobat tiket? Wakatobi adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara. Tak hanya terkenal oleh turis domestik saja, Wakatobi juga sudah sangat terkenal di kalangan turis mancanegara juga lho!

Mungkin, masih ada beberapa pertanyaan yang muncul di benakmu. Misalnya, “Apa saja yang bisa dilakukan selama berada di Wakatobi?” Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, tiket.com sudah merangkumnya di dalam artikel ini. Check this out!

Baca juga:

Apa Saja Hal Menarik di Wakatobi?

Ada banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan ketika kamu liburan di Wakatobi. Di bawah ini adalah hal-hal yang paling menakjubkan yang bisa kamu temukan hanya di Wakatobi. Mari kita simak langsung!

1. Menyelam di Salah Satu Spot Diving Terbaik Dunia, Taman Nasional Wakatobi!

Kamu tentu tahu kalau Sulawesi punya beberapa spot diving terbaik di Indonesia, bahkan di dunia. Salah satunya yang nggak boleh kelewatan adalah Taman Nasional Wakatobi. 

Sobat tiket dapat menemukan keragaman biota laut, lebih dari 750 jenis terumbu karang dengan 942 spesies ikan*. Wow, banyak banget kan? Nggak heran kalau Wakatobi termasuk ke dalam tempat dengan gugusan karang (barrier reef) terbesar di dunia lho!*

Dengan keanekaragaman jenis sebanyak itu, kamu pastinya akan terkesima dengan pemandangan bawah lautnya. Makanya, saat ke Wakatobi, diving jadi hal wajib nomor 1 yang harus kamu lakukan sobat tiket!

Untuk kamu yang masih ragu mencoba diving, snorkeling bisa jadi pilihan. Di kawasan perairan yang lebih dangkal dan jernih, kamu bisa bertemu dan berenang bersama ikan warna-warni.

Harga: Rp160.000/orang*

Jam & hari buka: 24 jam

Alamat: Ambeua, Pajam, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Indonesia (Cek di Google Maps)

2. Melihat Lumba-Lumba di Habitat Aslinya

Melihat Lumba-lumba di Wakatobi

Kurang tertarik dengan kegiatan menyelam? Tenang saja, masih ada banyak hal menarik di Wakatobi. Kegiatan seru lainnya yang bisa kamu lakukan di sini adalah melihat lumba-lumba berenang di habitat aslinya.

Mungkin sebelumnya kamu sudah pernah melihat lumba-lumba berenang di Pantai Lovina. Eits, tunggu sampai kamu melihat lumba-lumba di Kapota, dan kamu akan terkejut dengan pemandangan lumba-lumba berenang dalam jumlah banyak!

Pemandangan lumba-lumba berenang ini lokasinya di antara Pulau Wangi-wangi dan Kapota. Kamu bisa naik boat ke sini dan menyaksikan satwa menggemaskan ini mulai pukul 05.00 sampai 08.00 WITA ya.

Jam & hari buka: 24 jam (untuk waktu terbaik, bisa berkunjung mulai pukul 05.00-08.00 WITA)

3. Melihat Kehidupan Suku di Atas Air, Suku Bajo!

Hal Menarik di Wakatobi - Melihat Kehidupan Suku Bajo

Kalau kamu adalah orang yang berjiwa sosial tinggi dan mencari hal menarik di Wakatobi selain menyelam, maka kamu bisa bertemu dengan Suku Bajo yang tinggal di sini. Dengan bertemu mereka, kamu bisa merasakan pengalaman hidup di laut.

Suku Bajo juga dikenal sebagai “manusia laut” di mana memang sejarahnya mereka telah hidup di lautan selama berabad-abad lamanya. Suku ini hidup dengan memanfaatkan sumber daya laut yang sangat kaya untuk makan dan juga tempat tinggal.

Salah satu “kekuatan super” Suku Bajo adalah mereka bisa menyelam, bahkan berjalan di dasar lautan yang memiliki kedalaman 25-50 meter tanpa bantuan alat diving. Keren ya? 

Nah, kamu bisa lho mengenal kehidupan Suku Bajo lebih dekat. Mereka tinggal di beberapa desa yang tersebar di Wakatobi, mulai dari Desa Mola hingga Desa Sama Bahari. Dengan pemandu lokal, kamu dapat melihat rumah terapung dan kehidupan sehari-hari Suku Bajo.

Jam & hari buka: 24 jam

Alamat: Desa Mola, Wangi-wangi, Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Cek di Google Maps)

4. Mencicipi Makanan Unik di Wakatobi

Kasuami, makanan khas Wakatobi.

Di Wakatobi ada beberapa kuliner nikmat yang siap menyambutmu. Beberapa dari makanan khas Wakatobi tersebut, kamu akan melihat beberapa yang tampilannya unik hingga yang memiliki tampilan aneh.

Beberapa masakan yang bisa kamu cicipi antara lain adalah Kasuami, Luluta, Ikan Parende, Sanggara Banda, Kosean No Kaudafa, Kapusu Nosu, dan masih ada lagi lainnya. Jangan sampai melewatkan makanan tersebut ya.

Rekomendasi tempat makan: Rumah Makan Musliha (menu rekomendasi: Ikan Parende)

Harga: Rp35.000/porsi*

Alamat: Jl. Dusun, Mandati I, Wangi-wangi Sel., Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara 93795 (Cek di Google Maps)

5. Island-Hopping di Wakatobi

Wakatobi terdiri dari beberapa pulau. Masing-masing dari pulau tersebut menawarkan keseruan yang sama rata. Beberapa pulau yang ada di Wakatobi antara lain adalah Pulau Wangi-wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Hoga, Pulau Binongko, dan Pulau Tomia.

Rasanya nggak lengkap kalau kamu hanya menikmati pasir pantai dan deburan ombak laut saja ketika di Wakatobi, karena masih banyak tempat menarik yang bisa kamu temukan di beberapa pulau tersebut.

6. Melihat Matahari Terbenam di Wakatobi yang Spektakuler

Setelah puas menikmati semua hal menarik di Wakatobi pada siang hari, baik itu di darat atau di laut, maka selanjutnya kamu bisa berpisah dengan sang surya dan melihatnya terbenam di ufuk barat.

Pemandangan matahari terbenam atau sunset di Wakatobi adalah pemandangan spektakuler yang bisa kamu nikmati sambil duduk santai. Oh iya, jangan lewatkan untuk menikmati sunset dari Pantai Cemara ya!

Sunset di Pantai Cemara.

Pantai Cemara menghadap langsung ke Laut Banda, paling pas berkunjung ke sini saat matahari terbenam. Saat cuaca cerah, kamu bisa melihat matahari yang bulat sempurna lho! Pasti cakep banget untuk foto-foto di sini saat sunset, sobat tiket!

Sunset di Pantai Cemara.
Sunset di Pantai Cemara.

Nggak hanya itu, Pantai Cemara juga terkenal sebagai tempat untuk melepas tukik atau anak penyu. Kamu pun bisa mencoba kegiatan ini menjelang siang hari, saat air pasang mulai muncul.

Harga: tiket masuk Pantai Cemara mulai dari Rp10.000/orang*

Jam & hari buka: 24 jam

Alamat: Jl. Raya Waha, Sombu, Wangi-Wangi, wakatobi, Sulawesi Tenggara, Indonesia, 93791 (Cek di Google Maps)

7. Pantai di Pulau Hoga: Tempat Asyik untuk Bersantai Seharian!

Hal Menarik di Wakatobi - Main ke Pulau Hoga

Sobat tiket lagi mencari pantai dengan pasir putih dan laut tenang? Kamu bisa mengunjungi pantai yang berada di Pulau Hoga! Pulau ini masih sangat alami, bahkan nggak ada koneksi internet lho. Pas banget untuk kamu yang pengin bersantai tanpa ada gangguan, sobat tiket!

Kamu bisa bersantai di sepanjang garis pantainya, atau mencoba opsi lain seperti snorkeling hingga diving di airnya yang sangat jernih. Selain itu, kamu juga bisa menjelajahi hutan hijau sambil trekking juga, sobat tiket. 

Yang jelas, apapun pilihan kegiatanmu, Pulau Hoga bisa jadi tempat paling pas untuk self-healing.

Harga: tiket masuk Pulau Hoga gratis, cukup siapkan biaya sewa speedboat mulai dari Rp150.000/orang*

Jam & hari buka: 24 jam

Alamat: Ambeua Raya, Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Cek di Google Maps)

8. Menonton Pertunjukan Tari Lariangi

Hal Menarik di Wakatobi - Pertunjukan Tari Lariangi

Sobat tiket, pengin melihat kebudayaan setempat? Kalau beruntung, kamu bisa menyaksikan Tari Lariangi lho, tarian asal Wakatobi. 

Tarian ini dibawakan oleh 12 perempuan yang mengisahkan nasihat hingga cerita perkapalan yang memasuki pulau-pulau Wakatobi pada masa lalu. Sambil menari, mereka akan menyanyikan syair dalam Bahasa Wolio, bahasa Suku Buton.

Dulu, Tari Lariangi bertujuan untuk menyambut tamu di kerajaan, namun kini tarian ini dipertunjukan saat acara tertentu, misalnya saat Festival Tradisi Lisan.

Alamat: Wangi-wangi, Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Cek di Google Maps)

9. Membeli Oleh-Oleh Khas Wakatobi

Hal Menarik di Wakatobi - membeli kain tenun khas Binongko
Kain khas Binongko.

Belum lengkap kan, kalau sudah berlibur jauh-jauh tapi belum menghadiahi oleh-oleh untuk diri sendiri maupun keluarga? Nah, saat berkunjung ke Wakatobi, kamu bisa membeli berbagai kerajinan tangan khas Wakatobi.

Ada banyak banget oleh-oleh yang unik, sebut saja kerajinan tangan berbahan dasar kelapa yang bisa kamu temukan di Desa Waitil, Pulau Tomia. Kamu bisa mendapatkan berbagai dekorasi rumah hingga peralatan memasak dan piring berbahan dasar kelapa.

Selain itu, kamu bisa juga mendapatkan kain tenun tradisional yang pastinya unik dan handmade lho, sobat tiket.

10. Melihat Pemandangan dari Ketinggian di Puncak Kahianga, Tomia

View Pulau Tomia.

Kamu nggak akan menemukan pegunungan ketika berkunjung ke Wakatobi. Salah satu spot tertinggi yang bisa kamu temui adalah Puncak Kahianga di Pulau Tomia yang berada di ketinggian 250 mdpl. 

Di sini, sobat tiket bisa menikmati pemandangan laut dari ketinggian sambil piknik seru. Kamu juga dapat menyaksikan pedesaan Tomia, garis pantai, hingga beberapa pulau kecil di sekitar pulau ini.

Kalau ke sini, jangan lupa untuk menyiapkan kamera dan pakaian terbaik. Ya dong, pastinya biar foto makin kece, sobat tiket!

Alamat: Desa Kahianga, Tomia Timur, Pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Indonesia (Cek di Google Maps)

Rekomendasi Hotel di Wakatobi

Marind Dive Eco Resort

Nggak perlu bingung mau menginap di mana saat ke Wakatobi, karena ada Marind Dive Eco Resort yang siap jadi tempat bermalam yang nyaman.

Hal Menarik di Wakatobi - Marind Dive Eco Resort

Kamu bisa menginap dengan view alam yang menakjubkan hingga panorama sunset yang memanjakan mata. Fasilitasnya pun cukup memadai dan nyaman, pas untuk petualanganmu selama di Wakatobi.

Harga: mulai dari Rp1.100.000-an/kamar/malam*

Alamat: Kollo Soha, Tomia, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara 93793 (Cek di Google Maps)

Fasilitas: Wi-Fi, restoran, biliar, sarapan gratis*

Klik di sini untuk pesan kamar di Marind Dive Eco Resort di tiket.com

Jadikan Wakatobi Sebagai Destinasi Liburanmu Selanjutnya

Bagaimana, setelah membaca tulisan di atas pasti kamu sudah tidak sabar untuk memasukkan Wakatobi sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi setidaknya seumur hidup sekali, ya kan? 

Tenang saja, kamu dapat mewujudkan impianmu dengan langsung pesan tiket pesawat ke Wakatobi. Segera kemas barangmu, dan siap-siap untuk eksplorasi pesona alam Wakatobi ya!

mau ke mana? semua ada tiketnya!

*Informasi valid saat artikel ini ditulis. Harga dan ketentuan lainnya dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola.



Informasi Wisata Borobudur dan Wisata Magelang, temukan informasi restoran dan cafe dekat candi Borobudur di Travelling Borobudur. Gudang informasi tempat nongkrong di Borobudur dan wisata keluarga dekat Candi Borobudur

Sumber :

blog.tiket.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here